Perancis Buka Rahasia Berumur 50 Tahun Soal UFO


Paris (ANTARA News) – Perancis menjadi negara pertama yang membuka berkas mengenai benda terbang takj dikenal (UFO), Kamis, ketika badan antariksa nasional membuka laman lokamayanya, yang mencatat lebih dari 1.600 penglihatan atas UFO selama lima dasawarsa.

Arsip maya, yang dibarui sewaktu kasus baru dilaporkan, mengatalogkan kasus dalam rincian waktu, mulai dari yang mudah dipecahkan hingga beberapa yang terus membingungkan, bahkan untuk ilmuwan keras kepala.

“Ini yang pertama di dunia,” kata Jacques Patenet, insinyur penerbangan sekaligus kepala kantor penelitian “gejala benda ruang angkasa tak dikenal”.

UFO, yang di Perancis disebut OVNI, selalu menyebabkan timbul ketertarikan besar serta teori persekongkolan, yang tak terbilang banyak, tentang tindakan pemerintah menutup-nutupi temuan, yang dianggap terlalu peka atau menguatirkan masyarakat.

“Kasus seperti seorang perempuan melaporkan melihat benda terbang menyerupai gulungan tisu toilet” jelas dinyatakan tidak pantas diselidiki, kata Patenet kepada AFP.

Tapi banyak lain melibatkan banyak penglihatan — sedikitnya pada satu kasus melibatkan ribuan orang di seluruh Prancis — dan bukti nyata, seperti tanda bakar dan petunjuk radar, dianggap sangat serius.

Pasukan keamanan membentuk barikade di depan markas badan antariksa (CNES), tempat pengumuman itu dibuat, “untuk mengeluarkan `UFOlogis` tidak diundang,” kata seorang pejabat.

Dari 1.600 kasus terdaftar sejak 1954, hampir 25 persen digolongkan sebagai “jenis D”, yang berarti bahwa “meskipun ada data baik atau sangat bagus serta saksi terpercaya, mereka dihadapkan kepada sesuatu tidak bisa dijelaskan,” kata Patenent.

Laman lokamaya bisa ditemukan di http://www.Cnes.fr/web/4461-geipan.Php (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s