Gathering Ulang Tahun ke 20 BETAUFO di Opium Cafe Semarang


Dalam rangka ulangtahun Komunitas BETA UFO yang ke 20, para anggota mengadakan gathering di Semarang, tepatnya di Opium Cafe pada tanggal 11 November 2017. Dalam gathering ini dihadiri anggota dari beberapa kota di Indonesia seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banjarnegara, dan lain-lain.

Saya berangkat dari Jogja bersama-sama dengan anggota Jogja, yaitu Mas Muhkito, Mas Venzha, Mas Yudi, dan tamu bule asal Los Angeles bernama Ishan Saphiro. Kami berangkat menggunakan mobil Mas Muhkito.

Selama perjalanan terjadi diskusi tentang beberapa hal. Kami membahas tentang Artificial Intelligence, Earth Intelligence, sampai dengan beberapa proyek atau eksperimen yang dilakukan Ishan di beberapa negara. Kami berangkat sore hari sekitar jam 16.00 dari Jogja. Sempat mampir beli makanan dan minuman serta keperluan ke toilet. Dalam singgah tersebut saya juga sempat berdiskusi dengan Ishan tentang artificial intelligence.

Perjalanan cukup lama karena cuaca hujan lebat dan hari sudah gelap. Ditambah lagi kami tidak bisa melewati jalan Tol karena tidak menemukan tempat yang menjual kartu E-Tol. Belakangan diberi tahu anggota lain kartu tersebut dapat kami beli di gerbang tol, tapi pemberitahuan itu terlambat. Haha…

Sampai di lokasi ternyata kami datang paling akhir. Anggota yang lain sudah pada datang dan berkumpul. Kemudian pembagian kaos, topi, mug dan sticker. Juga ada souvenir-souvenir lain yang dibawa oleh anggota. Setelah ngobrol-ngobrol kemudian masuk acara inti, yaitu sarasehan. Moderator Mas Aris mengawali sarasehan, yang diikuti dengan sharing pengalaman masing-masing anggota. Beberapa anggota menceritakan pengalaman-pengalaman yang cukup fantastis yang berhubungan dengan UFO maupun fenomena-fenomena misteri yang lain.

Saya pun kebagian untuk berbicara di depan. Saya sampaikan tentang pengalaman bisa bergabung dengan BETA UFO, mulai dari ketertarikan tentang astronomi, kemudian fenomena-fenomena, dan perkenalan dengan senior-senior BETA UFO hingga masih bisa bergabung sampai sekarang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara santai diluar, Diiringi musik dari Opium Cafe. Sempat ada sesi mini talkshow oleh Mas Aris sebagai moderator dengan pembicara di depan yaitu Mas Nur Agustinus, Mas Venzha, dan Bro Ishan Saphiro.

Mas Nur membahas tanggapan masyarakat tentang UFO, terkait psikologi, data-data dan hubungannya dengan keilmuan. UFOlogi sebagai pseudosience, hingga pada misteri-misteri lain yang berhubungan. Mas Venzha bercerita tentang kegiatannya sampai ke Area 51, diundang NASA, mengajar ke berbagai negara. Sedang bro Ishan bercerita tentang keterlibatannya dalam pembuatan film StarWars.

Acara berikutnya adalah ramah-tamah antar anggota. Masing-masing anggota saling bercerita mengenai pengalaman, ataupun hal lainnya. Acara di cafe berlangsung hingga pukul 3 pagi. Karena cafe tutup, maka pindah ke area Simpang Lima untuk persiapan acara pagi harinya yaitu Car Free Day.

Pada acara CFD ini saya terpaksa tidak ikut karena harus sudah kembali ke Jogja. CFD diikuti anggota dari Semarang dan Surabaya. Secara keseluruhan, acara ultah BETA UFO cukup meriah dan menarik. Semoga masih terus eksis untuk selalu menginvestigasi setiap fenomena UFO baik yang ada di Indonesia, bahkan di luar negri.

Keep Watching The Sky…!!!!

Iklan