Meteor Jatuh 'Warnai' Langit Afrika


Meteor Jatuh ‘Warnai’ Langit Afrika

Kamis, 26 November 2009 – 14:51 wib

Rachmatunnisa – Okezone

 

(Foto: Ist)

JOHANESBURG – Sebuah meteor yang jatuh di Afrika Selatan mengeluarkan komposisi warna yang sangat indah. Namun hingga saat ini para ahli belum bisa menemukan di mana meteor tersebut mendarat.

Beruntung, fenomena astronomi langka ini sempat tertangkap kamera CCTV lalu lintas setempat dan disaksikan beberapa saksi mata yang kebetulan melihatnya.

Dalam rekaman tersebut, cuplikan video pada awalnya memperlihatkan hiruk pikuk lalu lintas yang padat dekat Johannesburg, tempat di mana jatuhan meteor terlihat melintasi langit malam Afrika Selatan. (Lihat video)

Meteor jatuh tersebut terlihat mengeluarkan cahaya hijau terang sebelum akhirnya meledak dan berubah menjadi bola api berwarna jingga saat menyentuh kaki langit.

“Kami melihat bola hijau raksasa menyambangi angkasa. Kemudian bola tersebut berubah warna menjadi biru,” kata salah satu saksi mata seperti dikutip dari The Sun, Kamis (26/11/2009).

“Tiba-tiba terlihat kilatan cahaya, diikuti ledakan cahaya terang yang membuat langit benderang seperti siang hari,” ujar saksi mata lainnya.

Salah satu ahli meteor di Johannesburg Planetarium Claire Flanagan menyebutkan meteorit umumnya kerap datang namun jarang terlihat oleh penghuni Bumi. (rah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s