TOURIST INFORMATION CENTER CANDI PRAMBANAN


Berawal ketika saya sangat kebingungan, karena CruZIndo Artwork yang sudah 2 bulan pindah lokasi kantor, belum mendapatkan proyek. Saya sangat tertekan dengan keadaan itu. Mengingat saya sebagai pencetus awal studio CruZIndo (yang sebelumnya saya jalankan sendiri sebelum bergabung dengan 3 teman saya), beban yang saya tanggung secara batin sangat berat..

Pada suatu hari (yang kebetulan tepat pada hari ulangtahun saya), saya bersama keluarga berkunjung ke Taman Wisata Candi Prambanan. Setelah puas menikmati kemegahan Candi, kami melihat-lihat museum yang berada didalam kawasan taman wisata candi. Selain benda-benda purbakala yang dipajang, terdapat 4 maket (miniatur) tentang prambanan. 4 maket itu terdiri dari maket candi borobudur, maket candi plaosan, dan 2 maket kawasan Taman Wisata Prambanan.

Keadaan 2 maket kawasan prambanan menurut saya sudah waktunya untuk diperbaiki, dengan pertimbangan, bahwa Candi Prambanan adalah warisan budaya dunia, yang dikunjungi oleh wisatawan bahkan dari mancanegara. Keadaan taman yang sudah teramat rapi dan bagus, tentunya juga harus disesuaikan dengan beberapa unsur yang ada didalamnya, salah satunya adalah maket.

Beberapa kali saya mengamati, pengunjung yang melihat-lihat ke museum, pasti singgah untuk melihat maket. Mereka ingin mengetahui bagaimana lokasi kawasan taman wisata candi prambanan. Juga melihat-lihat tata letak dari candi-candi yang ada didalamnya. Tidak luput juga komentar-komentar lucu yang hanya berupa “wah, luas banget ya ternyata, capek banget nih kalau keliling semua candi”…🙂

Kemudian pengalaman itu saya share ke temen-temen CruZIndo, khususnya yang konsen pada bidang maket. Kami berkesimpulan bahwa keberadaan maket di area Taman Wisata Candi Prambanan sangat penting, selain dari fungsi aslinya sebagai miniatur kawasan, juga sebagai ikon pelengkap dengan kualitas maket yang memadai.

Saya beserta salah satu teman saya yang berkompeten dalam bidang maket memutuskan untuk mengajukan penawaran pembuatan maket kawasan Candi Prambanan. Kami berdua berangkat ke kantor PT. TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN, BOROBUDUR, DAN RATU BOKO. Setelah bertemu dan berbincang-bincang dengan salah satu staff (Bp. DIDIK TRI ARDIANTO), beliau malah menyarankan kami untuk mengajukan penawaran mengenai renovasi interior bangunan Tourist Information Center. Ada beberapa bagian yang perlu dibenahi dari bangunan tersebut.

Survey pun kami lakukan. Setelah dua kali survey, kami mulai kepada tahap desain. Pada awalnya desain saya handle sendiri, karena manager bagian interior sedang saking disibukkan dengan pekerjaan lain sehingga tidak sempat untuk konsentrasi ke perencanaan ini. Namun sangat disyukuri (karena terdesak waktu) akhirnya beliau bisa menyempatkan sedikit waktu untuk membantu pengerjaan desain. Dan saat ini kami masih dalam proses tahap desain. Beberapa hari yang lalu Bp. Didik berkunjung ke kantor kami untuk menanyakan progres desain yang telah kami lakukan. Kemudian kami presentasikan depada beliau, dan beliau memberikan beberapa masukan untuk lay out dan detail-detail ornamen. Namun pada dasarnya beliau setuju dan menyegerakan kami untuk mengajukan penawaran.

Sangat bersyukur. Sebuah pandangan sekilas dari suatu kegiatan “piknik” bisa berlanjut dalam suatu kegiatan bisnis. Sebuah pelajaran yang, sampai saat sekarang ini masih terus saya pelajari. Setiap saat, setiap kesempatan, ternyata bisa menjadi sebuah jalan bagi kita untuk mendapatkan rejeki. Kalaupun tidak menghasilkan rejeki pada nantinya, paling tidak tali persaudaraan kita dapat. Bukannya justru itu yang utama?

Bussiness without marketing, is nonsense… :)

Prambanan

Graceful Avalokitesvara holding lotus flower. ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s