Richard Meier


Architecture - Philip Johnson Dead at 98

Bagi para pelaku dunia arsitek, arsitek, maupun mahasiswa jurusan arsitektur pasti mengenal Richard Meier. Lahir di Newark, New Jersey pada tahun 1934. Lulus dari Cornell University tahun 1957 kemudian bekerja pada beberapa arsitek, termasuk Skidmore, Owings, and Merrill dan Marcel Breuer.

Pada 49, Richard Meier adalah arsitek termuda yang menerima penghargaan tertinggi dalam profesi arsitektur yaitu Pritzker Architecture Prize. Tak lama setelah menerima kehormatan itu, ia dianugerahi untuk mengerjakan salah satu proyek yang paling penting pada abad ke-duapuluh yaitu desain The Getty Center, Los Angeles kompleks seni Los yang didanai oleh J. Paul Getty Trust.

Meier mengatakan tentang gayanya dalam mendesain, “Le Corbusier adalah pengaruh yang besar, tetapi ada banyak pengaruh dan mereka yang terus berubah. Frank Lloyd Wright adalah seorang arsitek besar, dan saya tidak bisa menyelesaikan desain rumah orang tua saya dengan cara yang saya lakukan, tanpa inspirasi dari Falling Water.”

Meier melanjutkan,”Kita semua dipengaruhi oleh LeCorbusier, Frank Lloyd Wright, Alvar Aalto, dan Mies van der Rohe. Tapi tidak kurang dari Bramante, Borromini dan Bernini. Arsitektur adalah tradisi, sebuah kontinuitas yang panjang. Apakah kita melanggar tradisi atau meningkatkan itu, kita masih terhubung ke masa lalu itu.”

Pada tahun 1963, ia mendirikan praktek pribadi, dan bekerja dari apartemennya, meluncurkan bisnis dengan komisi dari ibu dan ayahnya, yaitu perencanaan sebuah rumah tinggal di Essex Fells, New Jersey. Pada tahun 1965, salah satu proyeki awal perumahannya, Smith House di Darien, Connecticut membuatnya menonjol pada persaingan tingkat nasional.

02

011

Dari latar belakang itulah, Meier berbicara tentang “kejelasan bangunan, keterbukaan, artikulasi langsung ruang privat dan publik, bagaimana kaitannya dengan tanah dan air.” Dia menambahkan, “Sudah lebih dari 17 tahun, dan inovasi, imajinasi dan kekaguman besar banyak orang itu, sudah menjadi bagian dari bahasa kita, dan terkadang diambil untuk diberikan hari ini. “

Richard Meier kemudian mengerjakan proyek-proyek lain perencanaan rumah pribadi bersama dengan beberapa proyek yang lebih umum. Pada tahun 1967, ia mulai bekerja pada konversi dari Bell Telephone Laboratories tua di Greenwich Village, Manhattan untuk menampung sekitar 1200 orang di 383 unit apartemen. Hasilnya dielu-elukan dalam komunitas arsitektur sebagai bukti pertama bahwa pada akhirnya, prestasi Meier terbesar mungkin terletak pada skala yang lebih besar dalam karya yang lebih bersifat publik. “Ini juga merupakan contoh dari seberapa cepat kita mengasimilasi,” kata Meier. “‘Ungkapan,’ adaptif re-use, ‘bahkan tidak dalam bahasa itu. Kami benar-benar merintis daerah baru. “

Pada tahun 1979, setelah mengabdikan hampir lima tahun bekerja untuk itu, Meier menyelesaikan pekerjaan yang lain, yang mendorong Ada Louise Huxtable untuk menulis di New York Times, bahwa kemajuan pembangunan “praktek modernis konvensional provokatif melampaui batas yang ditetapkan.” Bangunan yang dimaksud dikenal sebagai The Atheneum, terletak di tepi Sungai Wabash di komunitas restorasi New Harmony, Indiana.

Pada skala yang lebih megah, High Museum of Art di Atlanta, Georgia selesai pada tahun 1983. Ini dibuka untuk perhatian media besar dan Paul Goldberger, kritikus arsitektur dari New York Times, menulis pada bulan Juni, 1983 isu Vogue: “. Tidak ada kecelakaan, kemudian, bahwa Richard Meier menjadi salah satu arsitek terkemuka untuk bangunan museum”

0908

Selain Museum tinggi, ia telah merancang sebuah museum utama untuk Frankfurt, Jerman, juga bangunan Moines Art Center Des di Iowa, serta berbagai jenis proyek perencanaan di seluruh dunia. Prakteknya termasuk perumahan dan rumah pribadi, museum, fasilitas berteknologi tinggi dan medis, bangunan komersial dan bangunan penting seperti gedung pengadilan dan balai kota di Amerika Serikat dan Eropa: Di antara proyek-proyek yang paling terkenal adalah High Museum di Atlanta , Frankfurt Museum for Decorative Arts di Jerman, Kantor Televisi Canal + di Paris; Hartford Seminary di Connecticut, the Atheneun in New Harmony, Indiana, dan Bronx Developmental Center di New York. Semua karya tersebut menerima penghargaan National Honor Awards dari American Institute of Architects (AIA).

Karya-karya arsitektur yang lain :

03 04 05 06 07

Karya-karya Richard Meier Lainnya :

 

Sumber : Terjemahan dari berbagai tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s