Menata Apartemen Mungil


Bagi anda yang memiliki apartemen berukuran besar, tidak perlu begitu susah untuk menata pola dan kebutuhan ruang. Namun untuk apartemen yang berukuran kecil lain soal. Memang agak sedikit gampang-gampang susah untuk menata kebutuhan ruang agar terkesan luas namun fungsi terpenuhi. Untuk itu mungkin tips2 dibawah ini berguna :

1. Mulai dari lantai, perlunya karpet untuk lebih membuat suasana ruang menjadi hidup. Hal ini ditentukan oleh warna karpet. Warna karpet bisa membedakan lega-sempitnya suatu ruang. Misalkan warna yang muda memberikan kesan lapang pada ruangan.

2. Tinggalkan pemasangan gorden dengan cara lama. Cobalah untuk memasang gorden dengan cara baru yaitu full sampai ke langit-langit. Pemasangan dengan cara ini bisa menimbulkan kesan ruang yang tinggi. Tentu ditambah lagi dengan motif gorden yang bergaris-garis vertikal misalnya. Ruangan akan terlihat lebih lapang.

3. Permainan cahaya akan sangat mempengaruhi kesan ruang. Cahaya yang temaram akan membuat ruangan terasa hangat dan membuat pandangan tamu akan berkelana ke penjuru ruang. Sehingga ruangan akan terasa ditak sesempit aslinya. Begitu pula penggunaan lampu-lampu sorot (spot lamp) yang dipasang pada plafond ataupun dinding, akan memberikan nuansa, daya tarik dan atmosfir ruang sangat berbeda. Lampu memang merupakan jurus ampuh untuk membuat suasana ruang jadi berbeda.

4. Bermainlah dengan furniture yang berukuran pendek. Meja pendek, sofa pendek, bangku rendah, akan membuat ruang menjadi lapang karena berkurangnya volume dari furniture-furniture tersebut namun begitu fungsi tetap bisa terpenuhi. Pemilihan perabot yang besar juga tidak disarankan. Gunakan perabot yang berukuran mungil. Jika anda menggunakan sofa besar, sandingkan dengan kursi yang berkaki panjang dan ramping.

5. Penggunaan bahan kaca/cermin akan memberikan luas ruang menjadi berlipat. Kaca/cermin bisa dipasangkan pada dinding, perabot, atau bahkan sekedar bukaan seperti jendela. Penggunaan kaca/cermin akan membuat seakan-akan volume ruang menjadi dua kali lipat. Ini sesuai dengan hukum pemantulan cahaya. Dengan cermin, ruang akan terasa lebih lapang.

6. Cobalah mengisi ruang dengan bentuk furniture yang asimetris atau melengkung. Kebanyakan ruang apartemen berbentuk kotak yang kaku. Dengan pengisian perabot yang berbentuk asimetris atau melengkung, akan ‘mencairkan’ suasana ruang dan terkesan lebih santai.

7. Prioritaskan kebutuhan ruangan anda. Didalam apartemen yang kecil, prioritas kebutuhan kegiatan anda sangat diuji. Misalkan anda menginginkan meja kerja, namun juga menginginkan meja makan padahal ruangan tidak mencukupi. Hal ini sangat tergantung dari prioritas kegiatan anda. Mungkin bisa diatasi dengan hanya eletakkan meja kerja saja, yang terkadang bisa digunakan untuk menjadi meja makan.

8. Pesan rak gantung sesuai kebutuhan dan ukuran ruang. Pemesanan rak gantung akan sangat berguna untuk ruangan yang sempit. Rak gantung tidak menempel pada lantai, tetapi pada dinding sehingga kesan lantai tetap luas. Anda bisa menyimpan buku,vas,cangkir,pigura, bahkan untuk rak gantung yang cukup besar, pakaian dan kebutuhan kamar bisa disimpan didalamnya.

(sumber : Indonesia Design vol 5 No. 27 – 2008)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s