Seputar Arsitektur-Interior-Kawasan


FURNITUR DAN KAYU LAPIS

Pernahkan anda perhatikan, beberapa perabot/furniture di dalam rumah anda menggunakan bahan kayu lapis? Perabot seperti meja, almari, nakas, bed, backdrop, tv cabinet, dan lain-lain. Apakah anda tahu bahan apa sajakah itu?

Penggunaan kayu lapis telah lama untuk pembuatan furniture-furniture rumah tinggal. Bahkan sekarang ini diigunakan pada semua bangunan-bangunan, baik hunian, komersial, maupun perkantoran. Penggunaan bahan-bahan kayu lapis memang lebih murah dibandingkan dengan kayu solid, dimana semakin hari stok kayu solid semakin sedikit yang mengakibatkan harga yang melambung tinggi.

Kayu lapis, seperti namanya, terbuat dari beberapa lapisan lembaran kayu yang direkatkan. Disini akan saya jelaskan beberapa jenis kayu lapis, sejumlah yang saya ketahui dan saya gunakan dalam beberapa proyek interior saya, diantaranya :

1. Blockboard

Umumnya terdiri dari tiga lapisan kayu. Mempunyai ukuran tebal yang bermacam-macam; 0,9 – 1,8 cm. Dengan panjang-lebar; 122 x 244 cm. Terdiri dari satu lapis lembaran kayu yang dilapis 2 lembar kayu yang lebih tipis. Umumnya lapisan luar blockboard mempunyai tebal antara 0,5-2mm. Lapisan blockboard mempunyai serat yang bermacam-macam, mulai dari serat kayu biasa (umum dikenal dengan tripleks), serat jati (bermacam bentuk serat juga), berlapis melaminto (lapisan putih licin yang biasa digunakan untuk papan tulis yang memakai alat spidol), dan serat-serat lain dengan berbagai corak/motif. Bagian tengah blockboard yang mempunyai dimensi paling besar biasanya menggunakan kayu akasia dan meranti. Karena bentuknya yang solid, bahan blockboard tidak bisa dilengkungkan.

lebih lengkap….>>>

MENGENAL FENG SHUI

Feng shui pada saat sekarang ini masih menjadi acuan bagi beberapa orang dalam membangun rumah tinggal. Apakah anda termasuk salah satunya?

Sekedar sejarah, feng shui lahir sekitar 5000 tahun yang lalu di daratan cina. Arti feng shui dalam bahasa kita adalah angin dan air. Merupakan ilmu yang bertujuan untuk menyelaraskan yin dan yang, dua energi alam yang berlawanan. Untuk mewujudkannya, feng shui memiliki beberapa rumus. Ahli feng shui kuno, membuat Pa Kua, yaitu diagram delapan arah mata angin, yang didalamnya terdapat angka-angka. Pa Kua menentukan arah hadap manusia, arah baik dan arah buruk.

Di Indonesia, saat ini feng shui masih dianggap resep manjur untuk mendapatkan rumah yang nyaman. Jika menginginkan hasil yang maksimal, penghitungan feng shui seharusnya dilakukan sejak memilih lahan tanah untuk lokasi rumah. Kemudian penerapannya mulai dari arah hadap rumah, peruangan, letak pintu, kamar mandi, pemilihan material, hingga furnitur pengisi interior berikut arah hadapnya.

Mistis?

Bagi orang awam, penggunaan ilmu feng shui dianggap mistis. Karena kekurang pahaman mengenai perhitungan feng shui, kesimpulan akhir saja yang sering diaplikasikan. Feng shui ilmu yang sangat relatif. Hal ini dikarenakan penggunaan ilmu berdasar perhitungan pada masing-masing pribadi pemilik rumah, seperti tanggal, bulan dan tahun kelahiran, dan jenis kelamin. Ironisnya, tidak banyak ahli feng shui yang bisa menjelaskan secara detail mengenai perhitungan feng shui, walaupun sebagian besar menolak anggapan bahwa feng shui adalah mistik.

lebih lengkap….>>>

__________________________________________

MENATA APARTEMEN MUNGIL

Bagi anda yang memiliki apartemen berukuran besar, tidak perlu begitu susah untuk menata pola dan kebutuhan ruang. Namun untuk apartemen yang berukuran kecil lain soal. Memang agak sedikit gampang-gampang susah untuk menata kebutuhan ruang agar terkesan luas namun fungsi terpenuhi. Untuk itu mungkin tips2 dibawah ini berguna :

1. Mulai dari lantai, perlunya karpet untuk lebih membuat suasana ruang menjadi hidup. Hal ini ditentukan oleh warna karpet. Warna karpet bisa membedakan lega-sempitnya suatu ruang. Misalkan warna yang muda memberikan kesan lapang pada ruangan.

2. Tinggalkan pemasangan gorden dengan cara lama. Cobalah untuk memasang gorden dengan cara baru yaitu full sampai ke langit-langit. Pemasangan dengan cara ini bisa menimbulkan kesan ruang yang tinggi. Tentu ditambah lagi dengan motif gorden yang bergaris-garis vertikal misalnya. Ruangan akan terlihat lebih lapang.

lebih lengkap….>>>

__________________________________________

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBANGUN RUMAH BARU

Membangun rumah adalah suatu hal yang mungkin bagi banyak orang adalah sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, sudah seharusnya dalam membangun rumah segala persiapan direncanakan dengan matang. Mungkin beberapa hal yang saya utarakan disini bisa berguna sebagai perimbangan.

1. Lokasi

Lokasi tanah (calon rumah) sangat penting untuk diperhatikan. Yang berhubungan dengan lokasi diantaranya adalah :

a. jarak dari tempat kerja

b. jarak dari pusat kota

c. jarak dari pusat transportasi (atau mudahnya transportasi umum yang sampai lokasi)

d. kondisi dan lebar jalan

e. tetangga kiri kanan

f. kondisi tanah dan kedalaman air sumur.

lebih lengkap….>>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s