Artikel Musik


Menurut saya, musik tidak mempunyai batas fungsi yang terukur. Musik merupakan suatu hal yang bisa bermakna sangat luas. Bahkan degup jantung kita pun merupakan irama ritmik yang merupakan bagian dari musik. Musik tidak hanya suatu hal yang didengar oleh telinga. Musik adalah sesuatu yang bisa dirasakan dengan hati, diolah dengan pikiran dan dilakukan dengan tindakan yakni memainkannya.

Dari semua bangsa, musik terlahir secara berbeda-beda, terbentuk menurut kultur masing-masing. Musik dapat dikaitkan dengan ras manusia, kondisi geografi, kondisi ekonomi, dan pola pikir. Sehingga musik dapat memberikan warna kepada pendengar tentang ciri khas dari musik yang diperdengarkan.

Bermain musik sangat membantu untuk menyalurkan emosi. Meskipun kemampuan untuk memainkan alat-alat tersebut tiap manusia berbeda-beda, namun sebenarnya semua manusia bisa merasakan apa inti dari musik itu sendiri. Sudah kodrat alami bahwa manusia mempunyai hubungan yang intim dengan musik.

Selain mendengarkan ataupun memainkan, informasi mengenai musik juga menjadi kebutuhan manusia sehari-hari. Karena semua lingkungan kehidupan, mulai dari kehidupan pribadi, keluarga, bahkan lingkungan kerja akan terpengaruh oleh musik.

Handphone memakai musik sebagai nada dering. Iklan TV hampir seratus persen meggunakan musik. Begitu juga iklan radio. Acara film juga ada backsoundnya, juga acara kuis, talkshow, bahkan acara berita yang menampilkan musibah. Musik digunakan untuk membawa emosi pendengar agar sesuai dengan yang diharapkan pemain, atau orang yang sekedar memutarnya.

Musik adalah kehidupan. Tiada hari tanpa musik. Tiada hari tanpa kenyataan bahwa musik mengiringi hidup kita, baik kita sadari maupun tidak. Karena memang kehidupan kita bagian dari musik itu sendiri…🙂

Sumber : pemikiran “ngasal” saya sendiri😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s