Desain Interior Jogja : Mr. Daniel’s House – Klaten Jawa Tengah


21 copyBeberapa bulan yang lalu, Mas Daniel menghubungi saya untuk menanyakan perencanaan renovasi rumah yang beliau tempati. Kebetulan Mas Daniel satu almamater dengan saya, juga lulusan teknik sipil. Rumah Mas Daniel yang beralamatkan di Klaten Jawa Tengah adalah rumah baru dengan site memanjang ke belakang.

IMG_20141127_104900

Rumah Mas Daniel terdiri dari dua lantai, dengan lebar depan 8 meter. Terdapat carport dan halaman pada bagian depan. Finishing rumah belum selesai, menunggu desain yang saya buat untuk menyempurnakan bentuknya.

IMG_20141127_104910IMG_20141127_104905IMG_20141127_105104

Pada bagian belakang terdapat halaman belakang yang terbuka. Batas belakang adalah tembok tetangga yang menjulang tinggi karena bangunan terdiri dari dua lantai.

IMG_20140919_002847

Bagian interior rumah Mas Daniel juga belum selesai dalam hal finishing. Kami ditugasi untuk mendesain interiornya juga. Lantai 1 terdiri dari garasi, ruang tamu, ruang duduk, dapur, ruang tidur, dan kamar mandi. Sedangkan di lantai 2 terdapat tiga kamar tidur dan kamar mandi. Dua kamar tidur pada bagian depan dan belakang mempunyai balkon yang menghadap halaman. Balkon eksisting berbentuk lengkung setengah telur, begitu juga dak atap yang berfungsi sebagai talang.

IMG_20141127_104916 IMG_20141127_104921 IMG_20141127_104925 IMG_20141127_104930 IMG_20141127_104935 IMG_20141127_104941 IMG_20141127_104950 IMG_20141127_105053

Mas Daniel menginginkan perubahan bentuk desain fasad rumahnya. Saya melakukan perombakan pada bagian depan dengan merubah bentuk awal yang sedikit klasik mediteran menjadi modern. Bentuk talang dan balkon yang melengkung saya ubah menjadi lurus. Pada bagian bawah bentuk kusen dan daun menjadi lebih minimalis. Kusen menggunakan alumunium sedangkan untuk daun pintu dan jendela tetap menggunakan kayu.

21 copy

Plafond balkon saya menggunakan kayu papan untuk menambah kesan hangat dan natural. Railing balkon menggunakan bahan stainless steel dengan topping balok kayu finishing melamin. Pada dinding lantai 2 yang menjorok ke dalam, saya berikan finishing berupa kayu papan yang disusun horizontal. Tanaman sulur ditaruh sepanjang balkon. Pada bagian carport saya membuat atap dengan cor beton di separuh atap, dan separuhnya lagi dengan rangka kayu pelapis atap berupa kaca atau polycarbonat. Alas carport saya gunakan grassblock agar air cucian mobil dan bekas air hujan dapat meresap ke dalam tanah.

Untuk interior, pada area tangga, saya memberikan railling yang menerus sampai ke plafond dengan bahan stainless steel. Kemudian untuk mencegah putri mas daniel yang masih kecil bermain dan terjatuh, saya tambahkan papan kayu untuk penghalang yang sekaligus dapat digunakan sebagai pegangan. Topping anak tangga saya lapisi dengan kayu finishing melamin. Ruang segitiga bawah tangga saya tempatkan almari untuk menyimpan barang-barang. Di bawah area tangga yang lebih tinggi saya tempatkan kulkas dan rak pendek. Sedangkan untuk dinding tangga, saya gunakan wallpaper untuk aksentuasi ditambah dengan beberapa lukisan dengan sorotan lampu spot.

7 copy

Area ruang makan yang bersebelahan dengan ruang tangga dibuat terbuka, disamping taman kering kecil yang dindingnya dilapisi dengan batu alam andesit. Lampu gantung dipasang ditengah-tengah meja makan. Area dapur yang berada tepat disebelahnya dibuat terbuka sehingga akses dapat terbuka lebar. Bahan kitchen set menggunakan kayu lapis (multipleks) dengan finishing HPL. Lantai dapur menggunakan parquet untuk membedakan area tersebut dengan area lain.

8 copy9 copy

Area Ruang Keluarga menggunakan ruang garasi pada bangunan eksisting. Pintu garasi ditutup diganti dengan satu pintu biasa dengan deretan jendela sebagai akses masuknya cahaya dan udara. Backdrop belakang TV menggunakan kayu lapis dengan motif acak finishing melamin. Furniture TV Cabinet dipasang menempel pada dinding dengan sistem bracket dan menggunakan bahan kayu lapis finishing duco. TV diletakkan menempel pada dinding, berhadapan dengan sofa 3 seat plus meja berbentuk oval dengan bahan kayu solid rangka stainless. Lantai Ruang Keluarga menggunakan parquet dilengkapi karpet.

10 copy

Untuk area Ruang Tidur, almari full plafond saya letakkan pada sisi yang berhadapan dengan teras belakang. Berbahan kayu lapis dan finishing duco putih, saya buat pintu geser dengan lapisan cermin sehingga ruang terasa lebih luas. Pada bagian atas terdapat rak-rak tertutup untuk menyimpan barang-barang kamar. TV Cabinet diletakkan berhadapan dengan bed set berbahan kayu lapis finishing duco putih. Backdrop tv cabinet menggunakan lapisan kayu lapis seperti pada Ruang Keluarga.

11 copy

Pada sisi yang menghadap halaman belakang, saya membuat bukaan berupa pintu geser yang menyatu dengan jendela full plafond. Kusen menggunakan aluminium, sedangkan daun menggunakan kayu solid. Saya menambahkan kamar mandi pada pojok ruangan dengan mengambil lahan halaman belakang.

13 copy15 copy

Ruang Tamu menggunakan lantai parquet. Dinding sebelah dalam menggunakan wallpaper dengan motif yang sama dengan area tangga. Saya meletakkan sofa set dengan meja berbahan kaca bening dengan rangka stainless. Sofa set berupa single seat dan double seat yang diatur membentuk letter L. Warna sofa menggunakan warna sedikit gelap untuk memberikan aksen pada ruang. Hal ini dipadukan dengan motif dinding yang dilengkapi dengan ambalan tempel yang berhadapan dengan sofa.

19 copy18 copy

Pada halaman belakang, bangunan kecil yang memanjang sampai batas belakang lahan, saya ubah menjadi tempat duduk-duduk santai. Halaman terbuka ditanami rumput gajah mini, dengan beberapa vegetasi kecil berupa palm. Lantai kamar tidur bagian luar saya menggunakan papan kayu yang ditata secara sejajar.

16 copy14 copy17 copy

Satu pemikiran pada “Desain Interior Jogja : Mr. Daniel’s House – Klaten Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s