Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki


Buku ini berisi tentang pemikiran orang-orang yang mendapatkan julukan orang kaya. Si penulis, yakni Robert T. Kiyosaki, seorang mantan pilot pesawat yang merubah hidupnya menjadi seorang jutawan dengan cara investasi. Dalam buku ini diceritakan awal mula mengenai kehidupannya, mulai dari kecil hingga menjadi seorang jutawan. Diceritakan bagaimana dia mempunyai dua orang ayah; ayah kandung dan ayah angkat (ayah dari teman akrabnya). Ayah kandung yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan formal dan cenderung berpikiran konvensional, berlawanan dengan ayah angkatnya yang berpikir bebas dan menjunjung sebuah usaha untuk terbebas dari masalah financial.

Dalam buku ini dijelaskan juga mengenai asset dan liabilitas. Bagaiman biasanya orang-orang pada umunya menjadi salah kaprah antara asset dan liabilitas. Orang pada umunya cenderung mengatakan bahwa mobil, peralatan elektronik, selular, dan rumah yang kita tinggali menrupakan asset. Padahal itu keliru, karena asset yang sesungguhnya adalah sesuatu yang dapat menghasilkan, syukur nilainya bertambah dari waktu ke waktu. Mobil, handphone, adalah barang yang memerlukan perawatan dan nilainya pasti akan turun. Mobil memerlukan biaya untuk bensin, pajak, service, dan harga jual pun pasti lebih rendah daripada saat membeli, sehingga tidak bias disebut asset.

Aset adalah sesuatu yang apabila kita diamkan, akan memberi pemasukan tanpa mengurangi nilai asset tersebut. Aset mungkin bukan berupa barang. Pendidikan merupakan asset, ilmu pengetahuan merupakan asset. Sedangkan asset yang berupa barang contoh adalah property yang tidak kita diami, tanah yang kita sewakan, ruko yang kita sewakan. Sehinga pada akhirnya, asset dapat menghidupi dirinya sendiri, terlebih dapat menghasilkan pemasukan untuk si empunya.

Pada intinya, buku ini mengajarkan bagaimana kita dapat mengelola keuangan kita. Apakah kita hanya akan terjebak dalam perputaran kebutuhan-pendapatan, atau kita mampu mengelola pendapatan dan asset agar bekerja untuk kita sehingga tanpa bekerja keras, kekayaan kita menjadi bertambah.

Bagi saya buku ini sangat menarik. Selain isinya mudah dipahami, berbagai informasi bias kita dapatkan dalam buku ini. Meskipun mungkin ada beberapa hal yang berbeda terkait dengan Negara dimana kita masing-masing. Terlepas dari banyaknya buku yang mematahkan cara-cara Kiyosaki, namun secara umum apa yang disampaikan Robert T. Kiyosaki dalam buku benar-benar membuka cakrawala saya mengenai arti financial dan pengelolaannya. Paling tidak, saya yang seorang arsitek mungkin tidak mendalami hal ini tetapi menjadi tahu…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s