Resensi Buku : Nabung Saham Sekarang – Ellen May


Pada kesempatan kali ini saya mencoba menuliskan sinopsis dan resume dari buku Nabung Saham Sekarang karangan Ellen May. Nama pengarang sudah tidak asing lagi bagi saya, karena beberapa tahun yang lalu saya juga pernah membeli dan membaca buku karangannya yang berjudul Smart Trader Not Gambler.

Siapa Ellen May? Beliau adalah seorang trader dan investor sukses yang sudah berpengalaman sejak tahun 2007 dan survive melewati krisis hebat tahun 2008 bahkan menghasilkan keuntungan besar sejak krisis tersebut. Beliau dikenal sebagai pakar saham Indonesia.

Berawal dari ketertarikan saya pada hal investasi (saya membaca beberapa buku investasi antara lain property, emas, saham, reksadana, deposito, dll), saya membeli buku Smart Trader no Gambler. Buku tersebut berisi tentang bagaimana menjadi trader saham yang baik, bagaimana membaca chart, menganalisa pergerakan candlestick, dll. Intinya, lebih kepada analisa teknikal dalam jual beli saham.

Ilmu dalam buku tersebut selama ini hanya saya simpan di kepala saja (dan menyesal kenapa tidak memulai). Meskipun saya membaca banyak buku tentang saham, saya belum pernah berpraktek sekalipun. Beberapa waktu yang lalu saya memutuskan (cenderung nekat) untuk membuka rekening sekuritas, dan untuk melengkapi agar menjadi low risk, kemudian saya ke toko buku (hobi saya adalah ke toko buku), dan melihat buku dari Ellen May yang lain yaitu Nabung Saham Sekarang, dan akhirnya saya pun membelinya.

Dalam buku ini Ms Ellen May menerangkan tentang investasi saham. Berbeda dengan buku Smart Trader Not Gambler yang berisi bagaimana bertransaksi saham sebagai trader, buku ini lebih cenderung menjelaskan bagaimana caranya menjadi seorang investor saham dengan sistem nabung saham.

Sebagaimana kita tahu bahwa mempunyai saham sebuah perusahaan artinya kita ikut menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Investasi saham merupakan salah satu investasi dengan hasil terbesar dibanding investasi lain, meskipun resikonya juga besar. Namun seperti yang dijelaskan dalam buku ini, resiko adalah sesuatu yang anda tidak ketahui, sehingga untuk meminimalisir resiko, pelajarilah apa yang sedang anda lakukan.

Slogan yang selama ini berbunyi High Risk High Gain, sedikit diluruskan dalam buku ini menjadi Low (bahkan No) Risk High Gain. Tentunya dengan belajar bagaimana menjadi investor yang benar. Meskipun demikian, dalam buku ini tetap diterangkan bahwa ketika anda ingin berinvestasi saham, anda harus siap menerima resiko. Resiko apa itu?

Harga saham cenderung labil. Teramat sangat fluktuatif. Harga dapat berubah-ubah bahkan dalam hitungan detik (anda dapat mengeceknya pada aplikasi saham online). Fluktuasi tersebut sangat bergantung kepada situasi dan kondisi perusahaan yang mengeluarkan saham, juga kondisi pasar saham yang sedang aktif.

Anda bisa menjadi untung ketika saham yang anda beli nilainya cenderung naik, begitu juga sebaliknya menjadi rugi ketika nilainya turun. Buku ini mengajarkan bagaimana mengelola resiko dengan strategi menabung saham untuk tetap mendapatkan keuntungan.

Strategi nabung saham ini berbeda dengan trading saham. Trading saham bersifat jangka pendek, sedangkan nabung saham bersifat jangka panjang. Sehingga kita tidak perlu setiap saat memantau pergerakan harga saham. Yang kita perlukan adalah konsistensi dalam mengalokasikan dana untuk kita tabung dalam bursa saham.

Lalu saham apa saja yang bisa kita beli untuk ditabung? Didalam buku ini dijelaskan bahwa untuk tabungan saham, kita perlu mencari perusahaan yang sehat secara fundamental. Saham perusahaan yang sehat dan kuat secara fundamental, akan cenderung naik meskipun naiknya perlahan. Perusahaan seperti ini biasanya adalah perusahaan yang sudah berdiri puluhan tahun dan merupakan perusahaan besar. Saham perusahaan besar mempunyai harga yang cenderung stabil dan naik perlahan.

Namun apabila anda merupakan seorang yang akrab dengan resiko, dan ingin mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar, anda bisa membeli saham untuk ditabung dari perusahaan yang sedang berkembang. Perusahaan yang sedang berkembang biasanya mempunyai harga saham yang cenderung murah, dan mempunyai kemungkinan untuk naik berkali lipat jika perusahaannya maju secara pesat.

Buku ini juga menjelaskan langkah demi langkah untuk memulai nabung saham. Dari mulai membuka rekening sekuritas, memilih saham apa saja yang dapat anda beli dan tabung, serta langkah teknis untuk transaksi saham. Beberapa saham pilihan juga disertakan sehingga anda tidak perlu pusing-pusing untuk memilih saham yang akan anda beli.

Isi dari buku ini sangat mudah dipahami oleh orang awam seperti saya. Penyampaian yang lugas, dengan bahasa yang familiar kita dengar sehari-hari, juga disertai langkah-langkah kongkrit. Background saya bukan dari ekonomi, akuntansi, bisnis atau bidang lain yang berkaitan dengan saham ini. Background saya adalah arsitek. Namun membaca buku ini saya tidak menemukan kesulitan berarti karena nilai plus dari buku yang saya sampaikan diatas.

Dan saya pun semakin ingin untuk bisa tahu lebih jauh lagi tentang investasi saham, baik dari praktik maupun literatur lainnya. Salam investasi…!!!