Resensi Buku : Cyberpreneur – Otniel Kowandi


Kemajuan teknologi sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kemajuan teknologi ini juga berpengaruh dalam dunia enterpreneur atau kewirausahaan. Kegiatan perdagangan baik barang maupun jasa, mengalami pergeseran dari transaksi secara manual tatap muka menjadi transaksi online.

Otniel Kowandi, sang pengarang buku ini, membeberkan beberapa kiat untuk mengembangkan usaha atau bisnis dalam era informasi saat ini. Mulai dari mengenal perangkat-perangkat internet untuk perdagangan, marketing, hingga kiat-kiat dalam melayani konsumen secara online.

Secara garis besar buku ini cukup komplit dan detail, terutama bagi anda yang baru mulai memasuki dunia online. Langkah yang diberikan cukup runut dan detail. Kiat-kiatnya pun mudah diikuti dan dipraktekkan hanya dengan berbekal kuota internet. Siapapun bisa mencoba jika memang benar-benar mempunyai niat.

Anda pasti sudah mengenal Google, Facebook, Instagram, Twitter, dan media-media sosial yang lain. Pengarang membeberkan cara pengembangan usaha dengan pemasaran melalui media-media internet tersebut. Dan ternyata, hasilnya memang memuaskan.

Untuk yang sudah berpraktik, langkah-langkah dalam buku ini seperti mengingatkan kembali apakah cara yang dilakukan sudah efektif. Saya ada diantara yang sudah berpraktik, dan saya menemukan beberapa tips yang ternyata selama ini luput dari strategi yang saya lakukan.

Apakah anda termasuk yang belum masuk dunia online dan berpraktik? Ingin merubah cara transaksi dan pengembangan usaha secara online? Saya merekomendasikan buku ini untuk anda baca dan anda miliki… 🙂

Iklan