Arsitek Jogja : Mrs. Sutarti’s Residences (Yogyakarta)


Pada sekitar bulan Agustus 2010 kemarin, saya ditelepon teman saya untuk me-redesain rumah orangtuanya. Setelah sebelumnya saya bertemu dengan keluarganya (terutama ibunda-Ibu Am Sutarti) untuk membicarakan mengenai redesain rumah beliau, saya mulai membuat desain meliputi denah ruang dan fasad bangunan.

Rumah eksisting adalah rumah gaya lama, dengan atap berbentuk kampung genteng tanah liat. Beliau (Ibu Sutarti) menghendaki beberapa perubahan dalam denah bangunan. Luas tanah 13 x 23,5 meter persegi, bangunan direncanakan memiliki ruang tamu, 1 kamar tidur utama (dengan kamar mandi dalam), 3 kamar tidur standar, kamar tidur pembantu, dapur, ruang keluarga, 1 kamar mandi dalam, 1 kamar mandi pembantu, gudang, dan ruang service lainnya (ruang cuci, jemur, dan ruang terbuka untuk bersantai). Model yang diinginkan adalah model modern dan semi minimalis.

Kemudian saya mencoba layout denah, dan hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Dapat dilihat pada gambar diatas, grid dari tembok lama sebagian masih digunakan untuk menghemat biaya. Masalah yang utama dari rumah ini adalah belum adanya struktur beton baik kolom, sloof, maupun ringbalk. Secara teknis, penambahan struktur beton mudah dilaksanakan.

Denah saya buat se-efektif mungkin untuk masing-masing ruang mendapatkan aliran udara dan masukan cahaya alami dari luar. Bukaan taman dalam saya posisikan diantara dua kamar agar kamar tidak tertutup dari cahaya dan udara. Begitu juga dengan taman belakang, bukaan saya buat lebar agar view dan aliran udara dan cahaya dapat leluasa masuk ke dalam ruang keluarga.

Untuk bentuk fasad, saya mengikuti grid dari denah. Hanya ada sedikit penambahan pada ruang tidur depan (samping), tembok sedikit saya mainkan, untuk memberi kesan modern. Tidak banyak permainan elemen profil, sesuai dengan tema minimalis. Hanya ada sedikit penggunaan batu alam untuk memberi tekstur sebagai focal point dari fasad bangunan. Warna kusen dan daun pintu serta jendela saya sesuaikan dengan warna lama, yaitu putih, karena Ibu Sutarti menghendaki demikian. Begitu juga dengan warna cat pada dinding luar, saya menggunakan prinsip monokrom, dimana semua terkesan bersih.

Satu pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mrs. Sutarti’s Residences (Yogyakarta)

  1. saya di bandar lampung, memiliki sebidang tanah ukuran 400m2.. kepada Pak Bondan, saya meminta tolong dibuatkan sketsa bangunan rumah minimalis.. dgn spek bangunan sbb :
    1 kamar tidur utama dgn kamar mandi
    2 kamar tidur lainnya dgn ukuran standar
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga & ruang makan
    1 kamar mandi
    dapur
    gudang.

    mohon kiranya berkenan, atas perhatian dan bantuan nya saya ucapkan terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s