Arsitek Jogja : Mr. Simon’s House (Sleman)


9 copy

Lokasi rumah ini berada di daerah Paingan, Sleman, Yogyakarta. Saat tulisan ini dibuat, rumah ini dalam tahap pembangunan.

Pemilik yaitu Bapak Simon Supriyadi. Beliau mempunyai sebidang tanah lahan untuk dibangun yang sudah berupa pekarangan. Lokasi dari rumah ini sangat strategis, berada di sebelah utara Cassa Grande Regency, Ring Road Utara Yogyakarta.

Site menghadap arah selatan, dimana seberang lahan masih berupa sawah padi. Begitu pula di bagian belakang rumah, masih berupa hamparan sawah padi. View ke arah utara cukup menawan dengan pemandangan gunung Merapi.

Denah Fix Lt copy

Bapak Simon beserta istri beliau menginginkan bangunan yang mempunyai lahan luas di bagian belakang. Hal ini dikarenakan beliau sering mengadakan kegiatan yang bersifat luar ruangan beserta keluarga. Pada lantai 1 saya membuat carport dan garasi di bagian sisi kiri bangunan, yang mempunyai akses langsung ke dapur. Garasi dimaksudkan juga sebagai pintu kedua selain pintu utama.

Pada bagian tengah saya buat Ruang Tamu yang langsung menyatu dengan Ruang Keluarga dan Ruang Makan. Pak Simon menghendaki ruangan yang terbuka lebar karena beliau adalah pribadi yang welcome terhadap tamu sehingga tidak ada batasan antara ruang publik (r.tamu) dengan ruang-ruang di dalamnya.

Ada satu ruangan khusus yang diinginkan oleh pak Simon yaitu Ruang Musik (Piano). Ruangan ini saya tempatkan pada area samping tangga ke lantai 2. Dimaksudkan agar ruangan musik dapat menyatu dengan ruang keluarga dimana kegiatan yang terjadi diantara ruang tersebut adalah kegiatan yang bersifat publik dan santai.

Kamar tidur hanya ada satu yang saya tempatkan di bagian depan, karena dimaksudkan sebagai ruang tidur tamu.

Denah Fix Lt 2 copy

Pada lantai 2, terdapat dua ruang tidur. Ruang tidur Utama dan Ruang Tidur Anak, karena Pak SImon dan istri hanya mempunyai satu orang putra. Yang menjadi fokus di lantai 2 ini adalah adanya ruang terbuka pada Kamar Mandi. Selain itu juga adanya ruang baca belajar pada bagian belakang.

10 copy

Fasad depan rumah bapak Simon saya buat dengan gaya minimalis modern. Penggunaan bentuk-bentuk geometris sederhana menjadi garis besar desain ini. Saya mengkombinasikan bentuk sederhana tersebut dengan material alam berupa batu alam dan kayu.

13 copy14 copy

Pada fasad belakang saya juga banyak menggunakan material batu alam. Untuk lantai dua, saya buat balkon yang terlindung yang dapat digunakan penghuni rumah untuk bersantai. Pada dinding yang berada di bagian barat rumah, saya meberikan bukaan berbentuk salib, yang akan memberikan nuansa cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

15 copy

Gambar diatas sebagai alternatif warna rumah yang diinginkan Bapak Simon.

16 copy 18 copy

 

Gambar diatas merupakan desain interior untuk kamar yang berada di lantai 2. Sesuai dengan tema bangunan minimalis, interior saya buat dengan sesimple mungkin. Namun saya gunakan juga unsur kayu sebagai backdrop tempat tidur.

19 copy

Pada bagian dekat pintu (belakang), saya tempatkan almari tanam dengan ketinggian sampai hampir ke plafond. Hal ini untuk menghemat space. Pada pintunya saya berikan kaca cermin sehingga bisa membuat ruangan terasa lebih luas, selain dapat digunakan untuk berias.

20copy

Pada ruang piano, unsur kayu sangat kental. Saya tempatkan papan kayu berjajar setinggi bordes tangga. Jajaran kayu tersebut mengelilingi ruangan piano seolah-olah melingkupi nada yang keluar dari piano. Pada bagian plafond pun saya buat motif tekawood pada drop-ceillingnya. Pada area tangga saya gunakan pembatas dari kaca tempered, dengan tiang stainless.

21copy 22copy

 

Area ruang tamu menggunakan motif-motif kayu natural. Pada dindingnya saya menggunakan tekstur acian kasar/beton. Ini untuk menghilangkan kesan monoton warna yang ada pada ruangan tersebut.

23copy

Sedangkan untuk dapur, saya menempatkan rak pada bagian bawah membentuk huruf L, sedangkan untuk rak atas hanya sebatas pada dinding yang berbatasan dengan garasi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s