Arsitek Jogja : Mr. Fredy Residence (Bantul)


Desain rumah ini adalah kombinasi antara ide saya dengan ide pemilik rumah. Pada saat saya dihubungi untuk pertama kali, proses pembangunan rumah sudah dimulai. Saat saya datang ke lokasi, proses pembangunan sudah selesai pemasangan pondasi menerusnya. Sebenarnya pemilik rumah yaitu Bapak Fredy sudah membuat sendiri desain komplit untuk rumah beliau, namun masih kurang sreg dan membutuhkan ide dari seorang arsitek. Dengan kondisi lapangan yang sudah mulai berjalan, saya hanya memberikan masukan-masukan yang dapat diaplikasikan ke fasad bangunan saja. Desain akhirnya adalah seperti dibawah ini…

8-8-2012 a copy

Konsep rumahnya adalah tropis. Site berada pada lereng sebuah bukit di daerah Kasongan Bantul. Karena berada pada lokasi hook, bukaan ke depan dan ke samping perlu dibuat secara optimal. Lahan di samping kiri dan belakang bangunan berupa kebun yang ditanami pohon-pohon besar. Bagian depan rumah mempunyai perbedaan level lantai dengan jalan yang cukup tinggi yaitu sekitar 3 meter. Sehingga untuk garasi seakan-akan berada di area basement. Kemudian terdapat tangga untuk naik ke area rumah utama.

Kirim 3

23-8-2012 a copy

Bagian samping rumah saya buatkan halaman dilengkapi jalan setapak dengan materal batu kali yang disusun grid 3. Bangku-bangku dari beton saya tempatkan diantara tanaman palm yang berjejer di sepanjang pagar. Bonsai sebagai tanggapan dari pohon-pohon rindang di sekitar site saya tempatkan pada area sepanjang jalan setapak dengan groundcover berupa koral tabur.

Kirim 2

Area belakang saya buatkan sebuah gazebo kecil yang dikelilingi kolam. Disampingnya terdapat area terbuka untuk bersantai dan menikmati kerindangan pepohonan. Groundcover yang saya gunakan adalah kayu sintetis dengan dua buah kursi santai. Finishing tembok dinding belakang menggunakan tekstur semen alami tanpa cat untuk merespon kesan natural yang ada disekitarnya.

Dibawah adalah beberapa alternatif terkait dengan model dan bahan material yang digunakan dalam desain rumah tersebut…

 9-8-2012 d copy

9-8-2012 c copy

10-8-2012 copy 27-8-2012 copy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s