Arsitek Jogja : Mr. Edi Zabig’s House “jilid 2” (Tangerang Jawa Barat)


Klien lama saya yaitu Bapak Edy Zabig, menghubungi saya beberapa waktu yang lalu. Ternyata beliau menginginkan renovasi rumahnya yang berada di Graha Raya Bintaro Raya. Rumah tersebut beliau beli jadi dari pemilik sebelumnya, dan ingin membuat beberapa perubahan yang tidak terlalu banyak memakan biaya. Beberapa pertimbangan diantaranya masa huni yang rencana jangka panjang karena istri beliau dapat pindah kerja ke daerah tersebut.

Rumah eksisting beliau beli dari pemilik sebelumnya dengan bentuk yang sudah diubah dari bentuk asli developer. Meskipun demikian, bentuk ruang masih sama dengan rumah asli, hanya ada beberapa ruang yang awalnya terbuka, menjadi tertutup oleh dinding masif. Denah asli dari developer adalah seperti dibawah ini :

Sedangkan foto-foto rumah eksisting adalah seperti dibawah ini :

Pak Edy menginginkan adanya penambahan ruang dan fasad depan. Namun ada sedikit kendala mengenai persyaratan dari developer, yaitu fasad tidak boleh banyak berubah dari desain awal. Perubahan yang diperbolehkan adalah penambahan canopy carport serta perombakan pada bagian belakang rumah. Untuk itulah perubahan kami fokuskan pada penataan ruang di bagian belakang rumah.Perubahan yang ada dibagian belakang meliputi penambahan ruang berupa kamar tidur ruang jemur di lantai dua, musholla dan gudang di lantai satu. Perubahan ini memerlukan penambahan konstruksi terutama konstruksi rangka beton. Untuk penambahan tersebut terpaksa harus membuat kolom susulan di lantai bawah, lengkap dengan pondasi jenis footplate agar kuat menahan beban lantai dua.

Ruang tidur tambahan lantai dua berada tepat diatas ruang tidur lantai satu di bagian belakang. Grid kolom dan dinding menyesuaikan dengan lantai 1 agar tidak banyak perubahan struktur yang mengakibatkan pembengkakan biaya renovasi. Meskipun demikian, resiko penutup lantai kamar bawah memang harus diganti karena pasti rusak pada saat penggalian pondasi footplate.

Pada sisi yang satunya, pengembangan area jemur merupakan penambahan pelat lantai dak beton mepet hingga batas belakang bangunan. Tentu hal ini juga harus diikuti dengan penambahan kolom utama pada area tersebut. Penambahan kolom utama untuk menahan beban dak beton sebagai pelat lantai. Penyambungan balok juga dilakukan karena balok-balok baru serta dak beton menempel pada struktur lama. Hal ini tentu menjadi catatan tersendiri pada saat pelaksanaan pembangunan.

Pada bagian depan, perubahan dilakukan hanya pada area atas carport dan depan dapur lama. Area depan dapur yang aslinya adalah halaman terbuka, telah diubah menjadi garasi motor oleh pemilik sebelum Pak Edy. Hal ini kemudian ditanyakan ke developer, terkait aturan tidak boleh berubahnya fasad. Setelah mendapat konfirmasi dan aturan tentang perubahan fasad yang diijinkan, kami membuat perubahan yaitu memperluas area ruang keluarga dengan menutup area garasi motor sehingga menjadi satu dengan area ruang keluarga. Hal ini dilakukan untuk menambah luas ruang keluarga.

Perubahan lain yaitu penambahan kanopi pelat beton diatas carport. Suatu saat, ketika aturan dari developer sudah kadaluarsa setelah sekian tahun, rencananya Pak Edy akan membuat ruangan yang menyatu dengan ruang keluarga pada lantai dua.

Sedikit sisipan ide dari Pak Edy, yaitu penggunaan elemen batik pada fasad bangunan. Hal ini kami wujudkan dengan menempatkan bahan GRC rangka besi yang dicetak membentuk pola batik parang rusak, yang kami tempelkan pada dinding ruang keluarga. Karena dinding tersebut memang tidak terdapat jendela, maka sangat pas untuk menaruh hiasan tersebut. Hiasan ini juga kami letakkan pada dinding musholla, serta pada batas belakang jemuran.

Untuk fasad, saya mencoba memberikan nuansa baru, yaitu dengan memberikan lapisan dinding dengan bahan conwood. Material ini mempunyai serta kayu yang tahan terhadap cuaca. Nuansa kayu ini yang membedakan rumah ini dengan rumah lainnya pada kompleks yang sama. untuk railing pembatas kami menggunakan rangka besi sedangkan untuk pembatas dengan material wiremesh. Hal ini untuk memberikan kesan modern pada bangunan.

Iklan