Arsitek Jogja : Mr. Denny’s House (Depok)


7 copy

Pak Denny, yang bekerja di Bank UOB Jakarta, adalah klien desain arsitektur saya kali ini. Beberapa bulan yang lalu, beliau menghubungi saya untuk meminta saya membuatkan desain rumahnya yang berlokasi di Depok Jawa Barat.

Lokasi lahan yang akan dibangun berada pada area kosong dengan posisi hook. Untuk bagian depan atau pintu utama, adalah bagian dari sisi memanjang site. Luasan yang diinginkan Pak Denny adalah sekitar 300m2 yang terdiri lebih dari 1 lantai.

Konsep untuk layout denah yang saya buat adalah mengoptimalkan ruang terbuka pada bagiansamping dan depan. Untuk bagian belakang saya membuat ruang terbuka yang dapat difungsikan sebagai taman ataupun kolam.

Denah Lantai 1copy

Denah Lt.1 Sketsa Awal

Denah web 1

Denah Lt.1 Fix

Pada lantai 1 bangunan rumah ini hanya terdiri dari satu ruang tidur. Sedangkan ruang yang lain adalah ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur, serta garasi. Untuk ruang tamu dibuat sedikit tertutup tidak berhubungan langsung dengan ruang keluarga karena Pak Denny membutuhkan lebih banyak privasi. Untuk ruang makan dan dapur menjadi satu area yang langsung berbatasan dengan ruang luar bagian belakang bangunan sehingga pencahayaan, penghawaan dan view terhadap ruang tersebut dapat terpenuhi.

Untuk ruang keluarga, saya tempatkan di bagian depan yang berbatasan dengan ruang tamu. Ruang keluarga ini juga saya tempatkan berbatasan langsung dengan ruang luar bagian depan, sehingga udara dan cahaya dapat masuk secara optimal lewat bukaan yang dapat dilihat di fasad bangunan.

Sementara untuk ruang servis seperti ruang tidur pembantu dan ruang cuci saya tempatkan di bagian belakang dengan akses langsung ke garasi. Hal ini agar tidak mengganggu aktivitas dan sirkulasi ruang utama lantai 1.

Denah Lantai 2 copy

Denah Lt.2 Sketsa Awal

Denah Web 2

Denah Lt.2 Fix

Pada lantai dua rumah ini lebih fokus digunakan untuk ruang privat yang terdiri dari dua ruang tidur anak dan ruang belajar. Masing-masing kamar tidur saya lengkapi dengan kamar mandi dalam dan di lantai ini tidak ada kamar mandi luar karena aktivitas lebih banyak didalam kamar dan pengguna ruang hanya yang memakai kamar di lantai ini.

Ruang belajar berbatasan langsung dengan balkon yang menghadap halaman belakang, sehingga suplai udara dan cahaya sangat optimal. Untuk kelancaran aliran udara, saya buat void disamping ruang belajar sehingga aliran udara dapat langsung masuk turun ke lantai satu.

Denah Lantai 3 copy

Denah Lt.3 Sketsa

Denah Web 3

Denah Lt.3 Fix

9 copy 8 copy 3 copy 2 copy 1 copy