Arsitek Jogja : Miss Reny’s House (Yogyakarta)


Beberapa waktu yang lalu, awal bulan Februari 2012, saya membantu teman saya untuk membuat fasad rumah seorang klien. Teman saya yaitu Wira Aji Surya, telah membuat denah rumahnya terlebih dahulu. Dari style yang diinginkan oleh klien, saya mencoba mengutak atik fasadnya. Tampilan tegas, minimal, namun terlihat bagus. Mungkin belum sempurna bagi orang lain, namun dari pemilik sudah menyukainya. 

Fasad dibagi menjadi tiga bagian, kanan kiri dan tengah sebagai pemisah. Teras berada di depan kamar tidur. Pintu ruang tamu berada di samping menghadap teras. Plafond pada ruang tamu dibuat lebih tinggi, beda dengan ruang kamar tidur, agar terasa lapang. Penggunaan batu alam warna cerah, juga banyaknya ruang untuk vegetasi, dimaksudkan agar rumah menjadi sejuk, seperti yang diinginkan pemilik.

Gerbang dan yang minimalis. Menyiratkan kepribadian pemilik rumah yang enerjik dan simpel. Gerang terbuat dari beton bertulang. sedangkan pintu pagar berbahan besi hollo finishing cat semprot. Pagar juga dibuat sedemikian rupa, mixing material antara batu alam dan besi hollo, yang di perlembut dengan tanaman yang ada di depannya.

Detail bentuk jendela. Adanya sedikit penebalan pada dinding, yang bisa berfungsi sebagai kanopi. Bentuk jendela menggunakan bukaan yang kecil2 untuk meminimalisir beban (karena jendela yang tinggi) juga untuk mengurangi tampias air hujan. Jendela terbagi dua; jendela mati pada bagian atas, dilanjutkan dengan jendela buka tutup pada sisi vertikal.

Diantara dinding kamar dan carport di beri sela untuk tanaman. Juga antara jalan setapak menuju taman dengan dinding ruang tamu, agar tercipta privasi dari orang yang menuju teras ataupun sebaliknya.

Disamping teras terdapat kolam, dengan posisi lebih tinggi dari lantai teras. Dimaksudkan sebagai pelembut material keramik yang keras. Air kolam disetting untuk selalu penuh sampai luber, namun aliran air tidak jatuh ke lantai teras, makadibuatkan jarak antara dinding kolam dengan lantai teras. Kamar tidur yang ada di bagian depan rumah, membutuhkan jendela yang diletakkan di atas kolam, sehingga cahaya dan udara bisa masuk, namun privasi tetap terjaga.

5 Dari

6 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Miss Reny’s House (Yogyakarta)

  1. selamat malam mas bondan,
    saya ada sebidang tanah di jalan kaliurang km 13 yogyakarta. luas tanah kurang lebih 300m2, rencananya saya mau bangung kos2an buat mahasiswa.
    Kira2 biaya desainnya brp? Pengerjaan desainnya brp lama? Lalu produk apa saja yang saya terima nantinya?

    Trims mas Bondan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s