Desain Interior Jogja : Ruang Kelas SDIT LHI Yogyakarta


Desain Interior Kelas 5 dan 8 Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Hakim

Bapak Ady Purwanto menghubungi tim BPA (Bondan Prihastomo Architect) dengan maksud meminta bantuan dalam mendesain ruang kelas Sekolah Islam Terpadu. Beliau adalah salah satu pimpinan di SIT LHI (Sekolah Islam Terpadu Lukman Hakim Internasional) yang berlokasi di JL. Karanglo, Jogoragan, Banguntapan Bantul, Yogyakarta (Timur Pasar Kotagede, Barat Ringroad). Lokasi Sekolah Islam Terpadu LHI ini tergolong lokasi yang strategis. Berada tepat di pinggir sebelah timur jalan raya dan berada di area permukiman.

Sebelum memasuki progress desain interior, tim BPA (Bondan Prihastomo Architect) biasanya melakukan survey lokasi agar desain nantinya bisa sesuai dengan eksisting dan mempunyai gambaran sesuai dengan permintaan owner. Kelas V mempunyai luas 7,86 m x 6,8 m, sedangkan kelas VIII mempunyai luas 8,73 m x 7,6 m. Kedua kelas ini rencananya akan dijadikan pilot project serta panutan bagi kelas lain untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Figure 1 Proses Survey Lokasi SIT LHI Kelas V
Figure 2 Eksisting Ruang Kelas VIII SIT LHI

Proses setelah survey adalah mengumpulkan data-data dan referensi desain. Kedua kelas yang akan didesain tim BPA kali ini berbeda konsep desain karena adanya perbedaan aktivitas pengguna kelas.

Kelas V kami desain dengan pembagian zona yang terdiri dari zona pengajar, zona spot ajar, area transisi, zona belajar, dan area ekstensi. Untuk kelas V ini, terdapat 2 (dua) pengajar. Zona pengajar kami desain dengan furniture berupa meja guru dengan bentuk simple dan minimalis. Zona spot ajar kami layout dengan sebuah papan tulis. Area transisi kami desain dengan furniture papan yang berfungsi sebagai tempat mading (majalah dinding).

Figure 3 Tampak Timur Interior Kelas V
Figure 4 Tampak Barat Interior Kelas V

Untuk zona belajar kami desain dengan furniture meja dan kursi yang ukurannya kami sesuaikan dengan ukuran pengguna. Bentuk meja sengaja kami desain dengan bentuk segitiga sama sisi. Bentuk ini kami desain dengan tujuan agar furniture meja tersebut mudah dilayout dan fleksibel sesuai dengan event kelas.

Untuk event kelas V ini meliputi event diskusi kelompok, kelas reguler, dan kelas presentasi. Untuk event diskusi kelompok, modul layout meja dibuat melingkar. Event reguler, modul layout meja menggunakan layout sejajar, sedangkan untuk event presentasi dibuat memutar. Area selanjutnya adalah area ekstensi, yang kami desain dengan banyak rak dan loker.

Figure 5 View salah satu sisi Kelas V

Konsep desain tim BPA (Bondan Prihastomo Architect) untuk tone warna kelas V memadukan beberapa warna. Warna yang kami pilih adalah warna hijau, biru, putih, dan coklat. Warna tersebut kami kombinasikan dengan huruf letter timbul pada beberapa sisi dinding.

Kelas VIII kami desain dengan pembagian beberapa zona, yaitu zona pengajar, spot ajar, area transisi, area belajar, dan ekstensi area belajar. Desain zona pengajar kelas VIII berupa meja guru dengan bentuk simple dan sederhana. Zona spot ajar berupa papan tulis, area transisi berupa papan untuk majalah dinding (mading).

Desain area belajar kami desain dengan furniture meja dan kursi yang ukurannya kami sesuaikan dengan ukuran pengguna. Untuk dimensi furniture kelas VIII ini lebih besar daripada kelas V karena memang kami sesuaikan sesuai ukuran pengguna. Bentuk meja sama persis seperti kelas V, yaitu mengambil bentuk segitiga sama sisi karena lebih fleksibel dan dapat menyesuaikan event kelas.

Figure 6 Tampak Timur Interior Kelas VIII
Figure 7 Tampak Barat Interior Kelas VIII

Area ekstensi kelas VIII yang berada di sebelah belakang kami desain dengan rak dan sebuah perpustakaan mini. Perpustakaan mini ini kami kombinasikan dengan media yang nyaman untuk membaca sambil duduk maupun berbaring pada saat jam istirahat.

Figure 8 View salah satu sisi Kelas VIII

Dominasi tone warna natural kayu sengaja kami pilih untuk desain kelas VIII ini. Sebagian besar desain furniture kami desain dengan warna tone natural kayu dan kami kombinasi dengan sedkit warna biru, putih, dan abu-abu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.