Arsitek Jogja : Mr. Alex House – Kuantan Regency Jl. Godean Yogyakarta


Pak Alexius Purwoto, klien kami berikutnya menghubungi kami setelah melihat akun instagram kami di bondan_p_architect. Beliau mempunyai rumah tinggal di Perumahan Kuantan Regency II Yogyakarta. Beliau ingin merenovasi rumah tersebut karena ada beberapa kebutuhan ruang yang ingin dipenuhi. Rumah eksisting berupa rumah dua lantai yang secara garis besar masih sama dengan desain developer, hanya ada sedikit penambahan ruangan pada bagian barat sebagai perluasan dapur.

Pada prinsipnya, renovasi yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak, hanya penambahan ruang pada lantai 1 dan 2 bagian barat (diatas dapur eksisting) serta perubahan fasad bangunan.

Kami memulai proses dengan mengukur ulang rumah eksisting untuk memastikan ukuran apakah sesuai dengan gambar rencana awal yang diberikan oleh developer atau tidak. Setelah kami ukur ulang, ada beberapa sedikit selisih yang tidak terlalu signifikan, sehingga kami lanjutkan untuk ke tahap desain.

Penambahan ruang yang dikehendaki Bapak Alex sebenarnya hanya berupa satu kamar tidur di lantai 2. Bangunan eksisting sebenarnya sudah ada kamar tidur, namun dirasa kurang luas. Sehingga untuk menampung kebutuhan, ditambahkan ruang tidur baru di lantai 2. Sedangkan untuk kamar tidur eksisting dibongkar dindingnya untuk digabung dengan ruang duduk yang sudah ada sehingga total luas ruang duduk menjadi besar.

Ruang tidur yang baru ini langsung menghadap balkon luas yang ada didepannya. Balkon baru ini kami letakkan diatas carport dengan struktur baja sehingga pelaksanaan pembangunannya bisa lebih cepat karena praktis. Balkon ini kami fungsikan sebagai ruang santai terbuka yang berada di lantai 2, yang bisa melihat pemandangan di sekitar rumah. Karena berada di bagian barat rumah, untuk mengantisipasi panasnya matahari sore, kami tempatkan vegetasi sebagai barrier. Vegetasi ini sebenarnya sudah ada di bangunan eksisting, namun perlu ada penambahan agar lebih optimal.

Carport yang berada di bawah balkon kami desain dengan nuansa metal sesuai dengan struktur balkon yang ada diatasnya. Besi hollow yang dipasang berjejer sebagai pembatas yang ditekuk menjadi semacam rangka atap.

Perubahan berikutnya yang kami lakukan adalah perubahan fasad bangunan. Perubahan fasad kami lakukan dengan mempertahankan salah satu ikon perumahan ini yaitu jendela berbentuk bundar yang ada di dinding depan bangunan. Bentuk ini tetap kami pertahankan agar ciri perumahan tidak hilang.

Sehingga pada bagian fasad bangunan, perubahan-perubahan yang kami lakukan tidak berpengaruh pada struktur bangunan secara langsung. Kami hanya memberikan sentuhan-sentuhan bentuk dalam finishing saja.

Untuk teras depan, kami buat desain menjadi lebih modern dan simpel. Pada balkon atas, kami tempatkan pelapis yang terbuat dari susunan roster yang dirangkai dengan besi pelat pada tiap tumpukan. Untuk atas carport, kami buatkan railing kaca dengan handrail berupa kayu sebagai pembatas dan pengaman.

Untuk desain interior kamar tidur, kami menuangkan konsep dominasi kayu. Penggunaan kayu ini agar ruangan terkesan menjadi hangat dan santai. Bed, almari wardrobe, dan meja menggunakan motif kayu. Untuk lantai kita lapisi dengan parquet agar kesan kayunya semakin kuat.

Berikut beberapa image untuk desain rumah Bapak Alex :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.