Arsitek Jogja : Jogja Modern Box Homestay – Tamanan Banguntapan Bantul DIY


Homestay yang berlokasi di wilayah Tamanan, Banguntapan, Bantul DIY ini milik Bapak Arif Buntaran Sanusi. Beliau adalah klien kami yang pernah kami desainkan rumah tinggalnya. Pada kesempatan kedua ini, kami ditugasi untuk membuat desain homestay yang berlokasi tidak jauh dari rumah beliau.

Lahan berukuran 7,5 x 57 meter persegi. Dengan bentuk memanjang seperti itu, kami ditantang untuk membuat kompleks homestay yang ideal. Rencananya ada tiga massa bangunan homestay dalam site ini. Sisa lahan digunakan sebagai ruang terbuka yang dapat digunakan Bersama, seperti lahan parkir, taman, dan tempat bermain.

Konsep kami mengacu kepada trend saat ini yaitu modern. Yang menjadi konsentrasi kami adalah desain yang efektif, low budget dan menunjukkan estetika yang ‘berbeda’. Dalam diskusi tim, muncul ide penggunaan gaya modern dengan preseden arsitek Le Corbusier, Mies Van der Rohe, dan Richard Meier.

Ciri secara umum pada karya-karya arsitek tersebut adalah bentuk geometris kotak sederhana. Bentuk kotak dikomposisikan dalam wujud massa bangunan, bukaan jendela, dan aksen pada finishing fasad bangunan.

Denah bangunan cukup sangat simple. Dapat dikatakan bangunan yang kami desain menyerupai system loft dimana lantai bawah merupakan family area. Living room, kitchen, dan dining room menjadi satu ruangan tanpa sekat. Terdapat satu kamar mandi yang berdampingan dengan dapur.

Sirkulasi udara kami buat dengan memberikan jarak antar massa bangunan. Jarak antar massa bangunan ini dimanfaatkan menjadi taman terbuka dengan penghijauan. Di salah satu sisi bangunan kami buat taman terbuka yang merupakan bagian dari ruang keluarga. Sebagian lahan yang berbatasan dengan taman tersebut kita manfaatkan sebagai garasi motor.

Pada lantai dua hanya terdapat dua kamar tidur. Kamar tidur dibuat berdampingan dengan ukuran yang sama besar. Pada ujung massa bangunan kami letakkan kamar mandi kering dengan system shower dan closet yang terpisah oleh batas dinding kaca. Berbatasan dengan kamar mandi tersebut, kami letakkan area cuci jemur dengan pembatas luar berupa roster sehingga secara visual masih terlindung dari luar.

Berikut beberapa image dari desain homestay ini :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.