Arsitek Jogja : Mr. Supri House – Kebumen


Proyek kami berikut berlokasi di Kebumen Jawa Tengah. Pemilik bernama Bapak Supri. Bapak Supri menghubungi kami via telepon, beliau tahu tentang studio kami setelah melihat profile kami di instagram. Pak Supri menghendaki kami membuat desain arsitektural untuk bangunan rumah tinggalnya.

Tahap awal kami melakukan survey ke lokasi. Lokasi berada di Desa Kutosari, Kebumen Jawa Tengah. Lokasi site berada dalam satu kompleks toko milik Pak Supri. Sebagai tim arsitek kami melakukan prosedur pengukuran dan pencatatan data lapangan. Ada beberapa hal yang menjadi poin dari survey kami diantaranya :

  • Lokasi berada di ujung kompleks lahan milik bapak Supri.
  • Kompleks eksisting adalah bangunan toko kebutuhan sehari-hari.
  • Lahan berbentuk persegi
  • Tetangga kanan kiri lahan masih berupa tanah sawah
  • Akses masuk utama adalah pintu garasi toko yang memanjang ke belakang
  • Lahan masih berupa tanah kosong/halaman rumput

Berikut foto-foto lokasi :

 

Dari eksisting yang kita observasi, ada beberapa hal yang kita jadikan sebagai poin pertimbangan dalam mendesain, diantaranya :

  • penggunaan bahan material lokal
  • privasi yang mesti terjaga mengingat fungsi toko yang banyak orang asing (pegawai toko)
  • bentuk dan style bangunan tropis
  • perlunya banyak bukaan terutama di area yang menghadap sawah

 

Pembuatan desain kami awali dengan penentuan konsep awal bangunan ini. Dari beberapa permasalahan yang ada, kami tentukan bahwa bangunan yang kami sebut dengan “Omah Ndelik” ini kami desain dengan konsep tradisional-industrial. Ndelik artinya adalah tersembunyi, mengingat lokasi berada di belakang kompleks lahan yang berbentuk L, sehingga rumah tidak akan terlihat jika kita melihat dari arah depan.

Dari gubahan massa, orientasi pintu masuk utama menghadap ke selatan (tidak menghadap jalan) untuk menghindari area operasional. Hal ini dalam rangka menjaga privasi penghuni dari kegiatan operasional toko yang sampai ke bagian belakang kompleks. Pada seberang rumah (terpisah oleh jalan garasi utama) adalah gudang barang yang sering diakses oleh pegawai sehari-hari bahkan oleh supplier dari luar.

Melihat kebutuhan ruang yang disampaikan oleh pemilik, kami membuat bangunan menjadi dua lantai karena keterbatasan lahan. Sesuai permintaan pemilik dan untuk sirkulasi udara, kami membuat area terbuka di bagian dalam lahan yang terlingkupi oleh bangunan dan pagar. Gubahan massa ini kemudian kami kembangkan sesuai denah yang kami buat.

Bentuk atap menjadi hal yang kami tonjolkan. Sesuai iklim tropis, bentuk atap rumah ini berupa atap miring. Meskipun demikian, agar aspek estetis desain, kemiringan atap tidak sama untuk semua sisi atap. Atap bagian depan yang langsung terlihat dari jalan menggunakan kemiringan cukup ekstrim dengan bidang yang lebar. Atap ini menerus dari bangunan lantai atas hingga ke bawah sehingga terlihat dominan pada bidang dinding. Penutup atap bagian ini menggunakan genteng tanah liat khas Kebumen sebagai unsur lokalitas.

Sedangkan untuk atap massa lainnya menggunakan kemiringan semi datar. Bahan atap yang kami gunakan adalah bahan zincalum. Kemiringan ini untuk mewujudkan style industrial yang merupakan unsur modern dari tema bangunan.

Kami gunakan conwood sebagai aksen kayu pada beberapa dinding bangunan. Pada bagian teras dalam dan carport, kami gunakan material baja IWF dengan penutup atap berupa kaca semi transparan. Hal ini untuk memberikan asupan cahaya baik bagi ruang dibawahnya maupun ruangan yang bersebelahan.

Pada bagian yang berbatasan dengan jalan, kami gunakan pagar dengan bahan roster tanah liat. Roster ini mudah didapat di daerah kebumen. Maksud penggunaan roster ini adalah agar meskipun terdapat batas secara fisik, namun batas visual masih dapat dilewati.

Rumah ini terbagi menjadi dua lantai. Pada lantai satu terdapat teras depan yang terhubung dengan ruang tamu. Terdapat musholla yang bersebelahan dengan halaman dalam. Dinding musholla menggunakan roster tanah liat sebagai kesatuan desain juga sebagai jalan sirkulasi udara. Area publik sangat terbuka dan menjadi satu area. Ruang keluarga, ruang makan dan dapur menjadi satu area, sehingga ruangan terasa lapang. Area ini juga berhubungan langsung dengan halaman dalam sehingga cahaya dan udara masuk secara maksimal. Ruang tidur utama memiliki akses ke kamar mandi dan walkin closet.

Di lantai dua terdapat tiga kamar tidur dengan ukuran yang hampir sama besar. Tiga kamar tidur ini dilengkapi dengan satu kamar mandi luar dan akses ke area jemur. Area jemur ini diberi pembatas dinding roster, sehingga meskipun tidak dapat terlihat dari arah jalan, namun sirkulasi udara sangat lancar.

Eksperimen-eksperimen lain kami tuangkan dalam beberapa finishing rumah. Beberapa dinding kami buat dengan finishing beton ekspose. Penggunaan kisi-kisi sebagai atap selasar penghubung pintu utama dengan carport, kami buat dengan bahan kayu yang nantinya akan dipakai sebagai media tanaman rambat. Material pintu jendela dominan menggunakan bahan alumunium/upvc dan kaca, selain sebagai wujud gaya modern industrial, juga mengantisipasi adanya bahaya rayap yang banyak terdapat di lokasi.

Model pintu carport dibuat acak dan semi terbuka, sehingga asap kendaraan dapat bebas keluar area. Selain itu carport cukup besar untuk dapat diisi dengan mobil dan beberapa sepeda koleksi dari pemilik. Carport yang besar ini menggunakan pintu pagar yang dapat terbuka lebar, serta material lantai batu alam. Tujuannya adalah apabila ingin digunakan untuk acara-acara komunal, dapat mewadahi.

Berikut tampilan visual dari desain rumah Bapak Supri…semoga dapat menginspirasi… 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.