Arsitek Jogja : Mr. Hervan Oil and Gas Office – Yogyakarta


Klien kami berikutnya, yaitu Bapak Hervan Akadhina, pernah bekerjasama dengan kami sewaktu membuat desain rumahnya yang berlokasi di Jalan Kyai Mojo Yogyakarta. Desain rumah tersebut dapat dilihat disini. Dalam satu kompleks rumah tersebut, Pak Hervan mempunyai kantor untuk usahanya dalam bidang distribusi gas dan minyak pelumas. Kami dipercaya untuk pembuatan desain kantor tersebut.

Kebutuhan akan kantor ini cukup urgent, permasalahan awal adalah bertambahnya personel dan kebutuhan akan ruangan-ruangan tambahan yang belum dapat diwadahi dalam kantor lama. Kantor lama yang saat ini dipakai berada tidak jauh dari lokasi. Rencananya, pembangunan kantor ini sebagai babak baru dalam pengembangan kantor beliau.

Beberapa data awal yang kami kumpulkan dalam perencanaan kantor ini diantaranya :

  1. Kantor mewadahi kegiatan para pekerja dalam bidang distribusi gas dan minyak pelumas.
  2. Kegiatan kantor lebih dominan kegiatan didalam ruang.
  3. Area kantor harus terintegrasi dengan bangunan rumah dan gudang
  4. Garasi mobil merupakan satu kesatuan desain dengan kantor

Sedangkan beberapa data mengenai site eksisting diantaranya :

  1. Site merupakan lahan kosong yang berada dalam lingkungan rumah
  2. Sisi utara site adalah bangunan rumah tinggal, sisi barat adalah area cucian mobil, sisi selatan adalah jalan masuk arah gudang dan sawah, sisi timur adalah bangunan gudang gas dan minyak pelumas.
  3. Luas site sekitar 500 m2.

Dari data-data wal tersebut kami merespon dengan memberikan grouping dan blocking. Penempatan area kerja dan area service dibagi dalam beberapa blok. pembagian blok ini termasuk juga menjadi acuan dalam pemisahan massa bangunan. Blok paling besar yang menjadi satu massa tersendiri adalah ruangan kerja yang terdiri dari tiga divisi kerja. Blok area kerja ini kami buat menjadi dua massa bangunan yang identik, dengan pembagian satu massa berisi dua divisi dan satu massa lagi berisi satu divisi serta ruang tamu. Diantara dua massa ini kami berikan area akses jalan dari area depan ke area/blok lainnya.

Blok berikutnya adalah blok kontrol dan pelayanan. Karena blok ini merupakan area yang bersinggungan dengan akses kearah gudang, maka area ini menjadi titik poin keluar masuk kendaraan yang mengangkut dan mengantarkan barang. Kegiatan dalam blok ini lebih banyak bersinggungan dengan ditribusi keluar masuk barang. Dalam blok ini terdiri dari ruang pencatatan dan pengecekan barang keluar masuk gudang, ruang kasir, ruang keamanan, dan ruang service (kamar mandi dan toilet). Pengontrolan dilakukan petugas setiap ada barang yang keluar masuk diangkut menggunakan kendaraan truk. Selain itu blok ini juga berfungsi sebagai transaksi pembayaran oleh reseller.

Blok yang berada paling belakang adalah blok untuk arsip dan ruang pertemuan. Area ini merupakan bangunan yang menyatu dengan bangunan gudang, namun dibuat dengan akses yang terpisah dari luar. Bangunan eksisting adalah bangunan dua lantai, dengan lantai bawah dipakai sebagai gudang, lantai atas adalah mess karyawan. Mess karyawan dipindah ke area depan kawasan, dalam rangka menetralisir area agar steril dari aktivitas yang berpotensi menimbulkan kecurangan.

Massa bangunan area kerja dibuat sederhana, dengan pembagian antar divisi. Massa dibuat simpel dengan bentuk geometri awal berupa persegi panjang, yang diolah dengan beberapa transformasi bentuk. Massa kami bagi dua dengan volume yang sama. Satu massa berisi ruang tamu dan divisi pertama, massa kedua berisi dua divisi. Rangka bangunan dari massa ini adalah rangka baja, dengan penutup berupa GRC cetak dengan model menerus antara dinding sampai atap. Pada dinding kami buat bukaan sebagai pintu masuknya sinar matahari ke dalam ruang. Ruang ini mempunyai konsep penggunaan AC, karena berdekatan dengan garasi kendaraan, dikhawatirkan apabila hanya mengandalkan bukaan untuk udara alami, asap kendaraan beserta residunya bisa masuk yang berakibat ruangan jadi kotor dan berbahaya bagi pengguna.

Area garasi yang berada didepan ruang kerja, rencananya dapat diisi untuk kendaraan truk-truk pengangkut gas dan satu minibus milik Bapak Hervan. Sehingga diperlukan massa dengan bentang yang cukup panjang dan tinggi. Kami menggunakan baja, sebagai rangka utama dan untuk penutup atap menggunakan galvalum.

 

Area arsip dan ruang rapat, menggunakan bangunan eksisting yang awalnya berfungsi sebagai mess karyawan. Lantai bawah masih difungsikan sebagai gudang minyak pelumas, dengan akses keluar masuk yang dapat dijangkau langsung oleh truk pengangkut. Ruang rapat dan arsip yang berada di lantai atas diakses melalui tangga yang berada di area pantry. Area pantry sendiri berada di sebelah ruang kerja, dibatasi oleh ruang terbuka yang selain sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya, secara fungsi juga dapat dimanfaatkan sebagai area makan outdoor. Penempatan area taman terbuka ini juga berdasarkan pertimbangan bukaan-bukaan rumah eksisting.

Selesai menaiki tangga, ruang yang berbatasan adalah ruang arsip. Arsip-arsip yang disimpan disini adalah arsip yang telah selesai diproses di ruang kerja. Sedangkan arsip yang masih dalam pemrosesan dibuatkan almari/rak yang berada di dalam ruang kerja, sehingga mudah diakses oleh para karyawan. Ruang rapat yang berada di sebelah ruang arsip mempunyai balkon terbuka dengan view ke arah sawah yang berada di seberang jalan.

Salah satu yang menarik dalam desain bangunan ini adalah adanya jembatan kontrol, yang melintang diatas pintu masuk kendaraan. Secara teknis, jembatan ini sebagai jalur sirkulasi pengontrol yang akan mengecek barang yang berada didalam bak truk terbuka. Barang yang sering keluar masuk adalah tabung gas. Sehingga dengan adanya jembatan ini akan memudahkan pengontrol untuk mengecek tabung-tabung gas dari atas bak truk. Di lantai atas massa bangunan ini terdapat ruang kontrol untuk mencatat hasil kontrol yang dilakukan petugas. Beberapa arsip juga akan ditempatkan di ruangan ini terkait jumlah dan jenis barang yang keluar maupun masuk.

Sedangkan pada lantai bawah terdapat ruang kasir, ruang keamanan dan ruang toilet/WC. Keamanan bertugas mengontrol tidak hanya kendaraan yang keluar masuk, tapi juga sirkulasi manusia, karena area gudang dan garasi tidak dapat diakses oleh orang luar, sehingga kemanan bertugas memastikan para sopir atau orang luar menunggu di luar area kantor.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.