Arsitek Jogja : Penandatanganan MoU antara Universitas Amikom dengan Studio BPA


Beberapa waktu yang lalu, studio kami ditelepon oleh mahasiswa Jurusan Arsitektur dari Universitas Amikom Yogyakarta. Mereka menanyakan apakah boleh berkunjung ke studio kami untuk studi mengenai biro arsitektur dan pengembangannya. Setelah kami sepakat waktunya, mereka datang dan terjadi diskusi yang cukup menarik mengenai topik yang dibahas.

Mahasiswa rata-rata menanyakan bagaimana memulai dan mengembangkan sebuah biro arsitektur. Kami sebenarnya belum pantas untuk menjawab pertanyaan tersebut karena studio kami sebenarnya masih dalam tahap berkembang. Namun demikian pertanyaan-pertanyaan dari masing-masing mahasiswa kami jawab dengan semampu kami dan sejauh pengetahuan yang kami punyai.

Selang beberapa waktu dari kunjungan tersebut, kami mendapatkan undangan dari pihak Universitas Amikom untuk acara penandatanganan MoU antara Universitas Amikom dengan Studio Bondan P Architect. Hal ini merupakan kejutan sekaligus kehormatan tersendiri bagi kami karena dapat dikatakan bahwa studio kami belum apa-apa dibandingkan dengan biro-biro arsitektur lain yang ada di Yogyakarta.

Foto Bondan P Architect.

Arsitektur saat ini menjadi aspek yang mulai dilirik oleh masyarakat umum. Hal ini tidak lepas dari era digital informasi yang memungkinkan masyarakat dengan mudah mendapat informasi baik berupa berita tulisan, gambar dan video, termasuk arsitektur.

Foto Bondan P Architect.

Masyarakat mempunyai akses luas untuk bisa melihat karya-karya arsitektur baik lokal maupun internasional, baik karya yang sudah terbangun maupun yang masih berupa rancangan. Baik yang dikerjakan oleh arsitek yang sudah ternama maupun yang masih berstatus mahasiswa.

Hal ini sebenarnya juga menguntungkan bagi arsitek dan bironya. Dengan adanya media internet, arsitek dan bironya dapat mempromosikan diri, bahkan secara gratis. Mereka bisa memperlihatkan karya kepada masyarakat luas dengan mudah. Alhasil, masyarakat yang tertarik menggunakan jasa mereka, akan menghubungi. Begitu pula dengan kami, kamipun melakukan hal yang sama… 🙂

Foto Bondan P Architect.

Bagi mahasiswa, era ini adalah era keterbukaan yang bisa menjadi pisau bermata dua. Jika mahasiswa tidak bisa aktif dan serius dalam belajar, jelas akan dengan mudah tenggelam oleh mereka yang lebih aktif dalam belajar dan praktek. Sedangkan mahasiswa yang aktif belajar dan berpraktek, akan dapat dengan cepat mendapatkan jalur berkarya di dunia nyata.

Foto Bondan P Architect.

Universitas Amikom, dengan slogannya Digital Architecture, mempunyai penilaian dan langkah yang tepat dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi persaingan kerja arsitek di dunia nyata. Dan kami Studio BPA sangat merasa beruntung dan tersanjung dapat bekerjasama dengan Universitas Amikom dalam langkah tersebut.

Foto Bondan P Architect.

Kerjasama ini memicu kami untuk menjadi lebih baik lagi. Hal ini menjadi penyemangat kami dan mengingatkan kami bahwa dalam berkarya dan berarsitektur, aspek diluar arsitektur itu sendiri sangatlah penting. Bagaimana arsitek dapat mengikuti zaman dan beradaptasi, baik secara karya, rasa, maupun moralitas. Tidak lepas dari itu, tuntutan untuk bertahan dan maju di era yang dinamis selalu mengikuti di setiap waktu yang kami lalui.

Foto Bondan P Architect.

Terimakasih kepada Universitas Amikom yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, Studio Bondan P Architect, semoga kerjasama yang telah dilakukan dapat selalu menelurkan hal-hal yang positif kedepannya.

Salam, Arsitektur

Foto Bondan P Architect.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.