Desain Interior Jogja : 9 Cara Untuk Membuat Rumah Anda Nyaman Tanpa Menghabiskan Banyak Uang


Rumah seharusnya tidak hanya menjadi tempat Anda tidur di malam hari. Idealnya, rumah adalah tempat di mana Anda dapat bersantai sepanjang hari dan menghabiskan waktu. Dan itulah mengapa Anda pasti menghabiskan banyak waktu mencari cara yang terjangkau untuk membuat rumah Anda terasa nyaman dan menarik. Psikoterapis Robi Ludwig berkata, “kita membutuhkan lingkungan rumah kita untuk menjadi tempat di mana kita dapat mengambil perlindungan pribadi dan fisik. Di sinilah kita dapat menyeimbangkan diri dan jiwa kita, karena rumah kita adalah tempat di mana kita dapat bersantai, berkumpul kembali dan memperkuat bagian terbaik dari siapa kita.”

Meskipun menciptakan ruang hidup yang nyaman itu sangat penting, namun juga tidak harus mahal. Ada banyak hal besar dan kecil yang dapat Anda lakukan untuk membuat menjadi lebih nyaman dan menarik. Anda tidak harus memiliki latar belakang dalam desain interior atau dekorasi. Siapa pun dapat mendesain ulang ruang rumah mereka untuk membuatnya lebih santai. Jika Anda mencari cara untuk “menyatukan” rumah Anda, berikut sembilan cara murah untuk melakukannya.

  1. Lapisan

Desainer Interior Toni Fairley mengatakan bahwa salah satu cara tercepat untuk membuat ruangan menjadi hangat dan menarik adalah dengan melapis furnitur dengan selimut dan bantal. Dia merekomendasikan melapisi tempat tidur atau sofa dengan katun lembut dan selimut di atasnya sehingga akan menjadi lebih hangat, kemudian menambahkan bantal berbagai bentuk dan ukuran untuk mengakomodasi berbagai kegiatan, seperti membaca dan tidur siang.

  1. Warna Dinding Hangat

Dalam sebuah artikel, konsultan warna profesional Barbara Jacobs mengatakan bahwa pentingnya warna kamar sering diremehkan, dan bahwa “efek warna halus dan signifikan; fisik dan psikologis.” Dia berkata, “untuk suasana yang lebih tenang, pastikan warna Anda tidak terlalu cerah,” dan merekomendasikan nuansa yang lebih hangat seperti orange, kuning, dan coklat netral untuk coziest of shades.

  1. Karpet Lembut

Menurut Nancy Mitchell, Penulis Senior di Terapi Apartemen, karpet bermotif dengan tekstur yang membuat Anda ingin menyentuhnya adalah cara yang bagus untuk menambah kenyamanan dan kehangatan ke dalam ruangan. Ditambah lagi karpet di lantai bisa membantu ruangan tetap panas.

  1. Gorden

Sebuah artikel tentang cara memilih tirai dan gorden yang sempurna mencatat bahwa tirai dapat mengubah ruangan secara radikal. “Tirai yang berwarna cerah dapat menciptakan aspek yang luas sementara yang gelap mengubah ruangan menjadi tempat yang nyaman dan ramah.” Mereka juga merekomendasikan memilih tirai tebal untuk jendela menghadap ke barat yang akan terkena sinar matahari langsung sepanjang hari, dan tirai lebih terang pada orange, kuning, dan cokelat untuk jendela menghadap ke arah lain, karena mereka akan “memeriahkan cahaya” dan menciptakan suasana.

  1. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah bagian yang sangat penting untuk menciptakan suasana dalam ruang. Dalam sebuah artikel, seorang desainer pencahayaan dari American Lighting Association, menekankan untuk menghindari lampu fluoresen terang [FLUorescent], namun lebih disarankan memilih lampu lantai dan meja dengan dimmer. “Tidak menggunakan dimmer seperti membeli radio tanpa tombol volume,” katanya.

  1. Bereksperimen Dengan Lilin

Untuk melanjutkan tema pencahayaan, anda bisa memanfaatkan lilin. Tim Bliss and Home Design mengatakan bahwa, “Lilin dapat membantu mengubah suasana ruangan apa pun dengan cahaya lembut. Selain itu banyak lilin yang menawarkan keharuman menarik untuk melengkapi dekorasi di seluruh interior Anda.” Mereka juga merekomendasikan menggunakan lilin dengan berbagai ukuran berbeda untuk menciptakan kedinamisan dimensi, serta menemukan tempat lilin yang sesuai dengan tema ruangan.

  1. Gunakan Bunga-Bunga

YouTuber dan pakar gaya hidup Danielle Smith mengatakan bunga segar adalah cara yang bagus untuk membawa semangat dan keindahan alam ke sebuah ruangan, ditambah juga dapat membuat ruang terasa sangat ramah. Anda dapat menonton videonya di YouTube dimana dia mengajarkan cara sederhana membuat bunga yang murah bisa tampak luar biasa.

  1. Buat Tempat Relaksasi

Dalam sebuah artikel tentang WholeLiving, pendeta Buddha Zen dan penulis Karen Maezen Miller merekomendasikan untuk menciptakan sebuah sudut ruangan untuk relaksasi di suatu tempat di rumah Anda. “Tentukan satu kursi sebagai ‘kursi tenangmu,'” katanya. Anda bisa menggunakan selimut di atasnya dan sandaran kaki untuk membuatnya lebih nyaman.

  1. Bermain Warna Merah

Keseluruhan skema warna sebuah ruangan adalah salah satu aspek terpenting untuk menciptakan ruang yang ramah dan untuk “memberinya jiwa”, seperti yang dikatakan perancang Anthony Baratta dalam artikel tentang Country Living. Dia merekomendasikan nuansa merah, seperti cranberry dan Nantucket Red, di beberapa tempat di seluruh ruangan.

Mencintai rumah adalah sesuatu yang sangat penting. Anda dapat menerapkan beberapa tips diatas ketika anda membutuhkan ide untuk membuat rumah anda berkesan hangat dengan biaya yang terjangkau. Silahkan mencoba… J

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.