Arsitek Jogja : Rumah Qur’an – Palembang Sumatera Selatan


Bangunan Rumah Qur’an ini merupakan milik teman saya sesama dosen sewaktu saya masih mengajar di salah satu universitas swasta di kota Palembang. Beliau merupakan lulusan Al Ashar Mesir yang kemudian kembali ke Indonesia, selain mengajar di perguruan tinggi, juga mendirikan Rumah Qur’an, untuk tempat belajar bagi masyarakat yang menginginkan.

Rumah Qur’an yang dimiliki sekarang merupakan bangunan sewa yang akan selesai kontrak sewanya beberapa tahun lagi. Dan beliau mempunyai keinginan untuk membuat bangunan Rumah Qur’an diatas tanahnya sendiri. Pada waktu saya ke Palembang, saya sempatkan untuk melihat lokasi lahan yang akan digunakan sebagai Rumah Qur’an tersebut.

Berikut foto-foto lahan eksisting tersebut :

 

Ustadz Bagus, begitu saya memanggil beliau, menginginkan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk belajar membaca Al Quran bagi masyarakat. Selain sebagai tempat untuk belajar Al Qur’an, tempat ini juga menyediakan kamar bagi santri-santri yang menginap. Selain itu, beliau juga menginginkan tempat ini dilengkapi dengan area bermain, untuk anak-anak di sela-sela waktu belajar mengaji.

Untuk fungsi komersial, Ustadz Bagus menambahkan tempat Bekam. Layanan bekam ini disediakan untuk masyarakat umum yang menginginkan. Tambahan ruangan yang lain yaitu catering, dimana usaha ini adalah usaha yang juga sudah dikerjakan oleh keluarga beliau sejak lama.

Setelah data-data kami dapat, kami membuat denah bangunan untuk beliau :

 

Site ini tidak terletak di pinggir jalan, namun sedikit masuk ke dalam. Hal ini dikarenakan bagian depan site sudah terdapat rumah tinggal dari orangtua beliau. Site berada di bagian belakang rumah tinggal tersebut.

Begitu masuk ke site, jalan masuk langsung menghadap ruang carport sehingga ketika mobil masuk ke site bisa langsung parkir di carport/garasi. Disamping ruang mobil kami tempatkan teras yang berada di depan ruang kantor. Ruang kantor ini berfungsi untuk melayani semua yang berhubungan dengan Rumah Qur’an ini kecuali bagian catering, karena memang terpisah manajemennya.

Disamping carport kami tempatkan tangga menuju lantai 2, dimana dibawahnya digunakan sebagai kamar mandi. Disamping tangga tersebut terdapat area bermain yang bisa digunakan anak-anak di sela-sela kegiatan belajar mengaji.

Ruang catering kami tempatkan pada sisi kanan, terpisah dengan area kantor. Ruang catering dibuat dengan ukuran yang cukup besar dan langsung berhadapan dengan ruang terbuka didepannya agar kegiatan bongkar muat barang catering menjadi lebih mudah.

Naik ke lantai 2, terdapat selasar yang menuju ruang tidur santri laki-laki dan ruang tidur santri perempuan di ujung bangunan. Sementara ruangan dekat tangga adalah ruang bekam. Kami letakkan ruangan tersebut disebelah tangga agar privasi santri tidak terganggu.

Untuk ruang kelas berada di ujung bangunan yang sebaliknya, tepatnya berada diatas ruangan catering. Ruangan ini diletakkan diujung agar kegiatan belajar tidak terganggu oleh ativitas sirkulasi di area tangga. Sedangkan ruangan musholla berada di belakangnya, berada di sebelah tangga.

Untuk desain fasad bangunan, Ustadz Bagus menghendaki bangunan yang sederhana, modern, namun mencerminkan arsitektur islam. Untuk itu kami berupaya mewujudkan hal tersebut dengan membuat bentuk-bentuk geometri sederhana, namun fungsional.

Area ruang belajar di lantai 2 kami berikan akses berupa cahaya dan udara melalui jendela besar yang menghadap area halaman lantai 1. Untuk ruangan selasar dan bekam, kami berikan penutup dinding menggunakan roster agar area tersebut tidak dapat terlihat dari halaman lantai 1, namun udara masih bisa keluar masuk kedalam area tersebut.

Untuk area musholla, kami menggunakan GRC cetak rangka besi untuk dipasang pada dinding musholla agar ruangan tetap sejuk karena udara bisa bebas keluar masuk. Sedangkan untuk corak atau motifnya disesuaikan dengan gaya timur tengah modern.

Untuk area belajar, nuansa anak-anak diwujudkan dengan warna warni perabotan yang ada di dalam ruangan ini.

Pada setiap ruangan kami terapkan nuansa islami dengan corak-corak motif nuansa islam dengan cara meletakkan corak tersebut pada dinding, perabot atau elemen pelengkap lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.