Arsitek Jogja : Pendopo dan Taman Pondok Pesantren Darush Sholihin – Panggang Gunungkidul


Beberapa waktu yang lalu saya dihubungi pihak Pondok Pesantren Darush Sholihin untuk diminta membuat desain Pendopo dan Taman. Lokasi Ponpes Darush Sholihin berada di dekat Pantai Gesing, Panggang, Gunungkidul. Kemudian kami melakukan survey ke Lokasi, sekaligus bertemu dengan pengurus ponpes untuk membicarakan rencana secara lebih detail.

Ponpes Darush Sholihin mempunyai sebidang tanah yang cukup luas, berkontur, dan mempunyai view yang cukup bagus ke arah laut selatan. Jarak dari Pantai Gesing hanya sekitar 500 meter. Lahan ini direncanakan digunakan untuk mewadahi kegiatan diantaranya :

  1. Wadah kegiatan-kegiatan skala besar (mengingat lokasi ponpes yang terpisah cukup jauh dari site ini tidak mempunyai lahan yang cukup luas)
  2. Area untuk rekreasi (mempunyai nilai komersial untuk umum)
  3. Magnet kawasan (salah satu penggerak wisatawan untuk mengunjungi wilayah ini selain Pantai Gesing)

Berikut foto lokasi lahan/site :

Lahan mempunyai elevasi yang lebih rendah dari jalan raya, yaitu sekitar 1,5 meter. Lahan juga berkontur, terdapat 3 level dengan selisih ketinggian sekitar 1 – 1,5 meter. Tanah yang ada cukup sibur dan ditanami jagung. Sambil menunggu desain, diharapkan jagungnya sudah siap panen… 😀

Di site ini sudah dibangun toilet/kamar mandi yang dapat digunakan untuk umum. Meskipun belum diaktifkan, terkendala jaringan listrik, namun sudah siap dipakai. Nantinya toilet ini juga menjadi salah satu bagian dari taman.

Talud antar elevasi menggunakan batu karang yang dapat dijumpai di seluruh area site. Karakter lahan di pesisir Gunungkidul memang dominan batu karang. Sedangkan beberapa talud menggunakan batu putih.

Talud antara jalan raya dengan site sudah selesai dibuat, pada saat kami survey dan mengerjakan desain, talud antara elevasi pertama (dari jalan) ke elevasi berikutnya sedang dikerjakan.

Dari beberapa data awal tersebut, kami membuat sketsa awal dengan beberapa konsep desain yang akan diterapkan. Aplikasi konsep desain tersebut diantaranya :

1.Sebagai wadah kegiatan skala besar :

  • Pendopo tidak menggunakan pembatas dinding, sehingga tidak terkesan sempit
  • Lahan parkir kendaraan roda dua dan roda empat dipisah, dibuatkan area tersendiri sehingga tidak saling mengganggu.
  • Dibuat area terbuka yang cukup besar didepan dan disamping pendopo

2.Sebagai area rekreasi :

  • Dibuat area taman bermain untuk anak-anak
  • Dibuat area restoran dilengkapi dapur
  • Dibuat taman dengan penggunaan material lokal
  • Penempatan pondok/gazebo di sekitar lokasi

3.Sebagai magnet kawasan

  • Selfie area dengan background tulisan tempat wisata dan laut selatan
  • Penempatan pendopo pada area yang mudah terlihat dari jalan
  • Penanaman vegetasi yang fungsional, menarik, dan edukatif.

Pendopo yang akan ditempatkan di area taman ini merupakan pendopo yang dibeli dari daerah lain. Pendopo tersebut dibongkar kemudian dirangkai kembali di lokasi. Saat tulisan ini dibuat pendopo sudah berdiri di area yang kami desain. Lahan di depan dan samping barat pendopo dibuat lapang dengan maksud sebagai area penunjang ketika area dalam pendopo tidak memenuhi.

Bagian belakang pendopo dibuat kolam, dengan latar belakang pagar setinggi 2,5 meter dengan material batu putih setempat. Hal ini untuk membatasi pandangan ke arah selatan yang mempunyai elevasi yang lebih tinggi.

Area di sebelah selatan toilet umum kami desain taman bunga, dengan menggunakan bentuk lengkung untuk memberikan kesan santai. Tanaman bunga ditempatkan lebih tinggi. Dalam area lengkung kami buat tempat duduk beton sepanjang lengkungan. Lantai menggunakan kayu lokal. Untuk groundcover area taman, menggunakan rumput gajah mini atau jenis rumput yang lain. Area di sekeliling pendopo menggunakan penutup lantai berupa pavingblock, atau menggunakan bahan lokal lainnya seperti batu alam yang mudah didapat dari lokasi sekitar.

Area restoran kami tepmpatkan berdekatan dengan area pendopo. Dalam area restoran ini dilengkapi dapur dan toliet. Disamping area restoran kita tempatkan area bermain anak yang dilengkapi wahana-wahana bermain. Tujuan penempatan area ini adalah agar ketika anak-anak sedang bermain, dapat terawasi secara visual oleh orangtua yang mungkin sedang menikmati makanan dan minuman di restoran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.