Arsitek Jogja : Mrs. Ifa Hasanah House – Tangerang



Ibu Ifa Hasanah adalah Klien saya berikutnya. Ibu Ifa yang berdomisili di Tangerang, baru saja membeli rumah di sebuah kompleks perumahan. Untuk memenuhi kebutuhan ruang keluarga beliau, ternyata desain tipikal dari perumahan tersevut dirasa masih kurang, sehingga meminta saya untuk memberikan desain rumah tambahan untuk mewadahi kebutuhan ruang beliau.

Dari diskusi yang kami lakukan beberapa saat, ternyata terdapat aturan di kompleks perumahan tersebut untuk tidak merubah fasad depan rumah. Karena itu akhirnya kami memutuskan untuk hanya merubah area belakang. Karena beberapa kebutuhan ruangnya, lahan sisa di belakang pun dimanfaatkan. Begini denah eksisting dari rumah Ibu Ifa :

Sedangkan untuk fasad depan rumah Ibu Ifa Hasanah :

img-20170107-wa0024

Ibu Ifa menginginkan perubahan layout ruang pada bagian belakang rumah. Penambahan ruang yang dikehendaki yaitu penambahan untuk ruang buku (perpustakaan), ruang service, dan akses ke taman belakang.

Pada lantai 1 bagian belakang, masih terdapat lahan sisa cukup banyak yaitu 6×6 m2. Saya memanfaatkan lahan tersebut untuk penambahan ruang tidur utama, dan dapur serta ruang makan. Dinding eksisting yang ada saya hilangkan agar kesan ruang menjadi lebih luas.

Ruang tidur pada bagian depan saya alih fungsikan sebagai ruang buku dan ruang santai. Ruang Keluarga saya tempatkan pada area bawah tangga, mengingat keterbatasan ruang serta kebutuhan akan menonton TV yang kurang diminati.

Kamar mandi luar saya tempatkan pada area bawah bordes tangga. Langsung berhadapan dengan dapur yang berada paling belakang. Dapur saya buat terbuka tanpa sekat dengan ruang makan.

Akses ke taman atau halaman belakang dapat dijangkau secara langsung dari area dapur maupun kamar tidur utama.Dari area dapur, halaman belakang dibatasi oleh pintu lipat, sedangkan dari area kamar tidur utama, akes ke halaman belakang dibatasi oleh pitnu geser. Sehingga ketika pintu tersebut dibuka penuh, maka view ke taman akan sangat lebar.

Untuk lantai 2 juga cukup banyak berubah, hal ini disebabkan letak tangga yang diubah, Area depan tidak berubah, sedangkan area tengah dan belakang berubah fungsi.

Tangga dari lantai bawah langsung berhadapan dengan ruang duduk lantai 2. Di belakang ruang duduk terdapat ruang tidur ART yang mempunyai akses bukaan jendela menghadap ke taman belakang serta pintu menghadap ruang jemur. Optimalisasi penghawaan dan pencahayaan menjadi point penting dalam desain ini.

Tangga untuk ART menjadi satu dengan tangga utama dalam rumah. Selain karena lahan yang terbatas, juga agar aktivitas ART dapat terpantau oleh pemilik rumah. Area jemur menjadi satu dengan area mesin cuci serta KM/WC untuk pembantu.

Berikut beberapa image desain dari Rumah Ibu Ifa Hasanah :


4-copy
5-copy 6-copy 7-copy 8-copy 9-copy 10-copy 11-copy 12-copy 13-copy 14-copy 15-copy 16-copy 17-copy 18-copy 19-copy










Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.