Desain Interior Jogja : Butik Bapak Ramli – Cikampek Jawa Barat


Beberapa waktu yang lalu saya dihubungi oleh Bapak Ramli. Beliau ingin membuka butik kecil-kecilan didepan rumahnya. Butik yang diinginkan adalah untuk baju-baju panjang. Berikut foto-foto kondisi eksisting rumah Bapak Ramli :

Luas lahan yang tersedia untuk butik ini adalah 2,5 x 3 meter persegi. Sudah terdapat atap meskipun ketinggiannya cukup rendah. Sehingga untuk struktur secara arsitektural tidak terlalu banyak berubah.

Rumah ini menghadap arah utara.View yang ingin ditonjolkan dari butik ini adalah sisi timur dan utara.

Kondisi lantai lahan butik sebagian menggunakan keramik, dan sebagian lagi menggunakan paving block. Yang sedikit mengganjal, butik ini berbatasan langsung dengan kamar tidur di sebelah selatan. Setelah didiskusikan, disepakati menutup jendela ruang tidur bagian depan. Selanjutnya saya membuat desain layout dari butik tersebut. Konsep yang ingin saya tonjolkan adalah butik yang terbuka secara optimal, dengan sentuhan natural. Layout seperti dibawah ini…

Untuk pintu masuk pengunjung saya letakkan pada bagian yang mempunyai akses view terbesar. Pintu hanya dibuat satu daun, untuk menghemat ruang. Bahan dari kusen dan pintu sendiri adalah alumunium. Dengan diberikan ventilasi diatas pintu full dan keliling ruangan. Rak hanya ada dua, saya letakkan pada dinding yang berbatasan dengan kamar tidur. Serta rak pendek plus gantung yang berada mepet dengan kaca alumunium bagian depan, sehingga apa yang digantungkan dapat terlihat secara jelas dari luar.

Area bagian depan, kesan natural didapat dari desain kolom pendek yang dilapis dengan batu alam. Juga untuk lantai pintu masuk menggunakan conwood. Pada bagian atas, diatas ventilasi saya berikan penutup berupa papan kayu finishing melamin. Hal ini untuk memperkuat kesan natural dari butik. Penutup ini juga dipasang pada sisi-sisi lain dari butik. Rak pajang yang menempel pada dinding saya buat area simpan pada bagian bawah dan atasnya. Area ini mempunyai dinding yang berbatasan dengan ruang tidur sehingga dapat diberikan beban yang cukup berat. Disamping rak tersebut saya letakkan cermin untuk fitting baju.
Rak yang berikutnya saya satukan dengan meja kasir. Beberapa manekin juga saya tambahkan sebagai penghias dan mempercantik ruangan.

Tinggalkan Balasan

