Desain Interior Jogja – Mrs. Liza Anindya House (Yogyakarta)


Setelah beberapa tahun sebelumnya saya membantu perencanaan/desain renovasi rumahnya yang berada di Cibubur, kali ini saya berkesempatan untuk membuat desain interior rumah tinggal yang di Yogyakarta. Beliau adalah Ibu Liza Anindya. Ibu Liza membeli rumah tinggal dua lantai dalam perumahan di daerah Lowanu. Dan saya diberi kesempatan untuk membuat desain interiornya sekaligus pengerjaan fisiknya.

Ruangan yang ingin didesain baru sebatas lantai 1. Dan untuk pengerjaan fisiknya juga bertahap. Pada saat tulisan ini dibuat, pengerjaan fisik yang sudah selesai baru area dapur kotor di bagian belakang rumah.

Lantai 1 rumah ini terdiri dari teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang pantry, ruang tidur tamu, dapur kotor, kamar mandi, ruang pembantu+KM/WC pembantu.

Area Ruang Tamu

5-copy

Ruang tamu pada rumah ini cukup kecil dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter persegi. Dalam ruangan ini, saya tempatkan dua furniture berupa sofa dan meja tamu. Ibu Liza menginginkan suasana vintage, sehingga saya membuat desain dengan bahan kayu pinus. Sofa 3 seat dibuat simple dengan warna kain sofa yang cerah. Pada dinding yang berseberangan, saya tempelkan wallpaper motif daun, sesuai tema ruang yang natural. Lampu gantung dengan bahan kayu saya tempatkan persisi di tengah ruangan.

2-copy

Ruang Keluarga

Dalam interior ruang keluarga ini tema natural tetap saya hadirkan dengan membuat semacam mural pada dinding void. Dinding void yang tinggi saya respon dengan gambar pohon yang menjulang sampai lantai 2. Pada bagian dinding selalu terkena sinar matahari pada saat siang hari, namun hanya setengah ketinggian dinding. Pada area bawah saya tempatkan TV yang menempel pada dinding dan dibawahnya saya letakkan cabinet pendek untuk meletakkan DVD player dsb. Menghadap TV, saya letakkan sofa 3 seat dilengkapi dengan meja. Dalam desain interior ini, beberapa lukisan saya letakkan di ruangan dengan tema tanaman.4-copy

Area Bawah Tangga

Interior pada area ini masih tetap satu tema, dengan mural gambar pohon pada dinding tangga. Tangga yang menggunakan lapisan granit hitam, saya respon dengan mural hitam putih pada dindingnya. Pada area bawah tangga dibuat rak dorong yang berfungsi sebagai rak penyimpanan barang seperti sepatu, sandal, dsb. Bahan yang dipakai dengan multipleks finishing cat semprot duco.
11-copy

Area Pantry

Interior area pantry, kembali saya menggunakan bahan kayu pinus. Dalam area pantry ini tidak terdapat zink untuk cuci piring. Namun pada dinding samping terdapat wastafel yang telah terpasang oleh developer. Area pantry ini hanya sepanjang 1,7 m, yang akan diisi dengan meja dan kulkas. Dinding pantry saya desain dengan tempelan batu bata. Pada diskusi selanjutnya, kitchen set pantry dibuat full sampai ke plafond. Meja cabinet bawah dengan lapisan top table granit.

Area sebelah pantry merupakan tempat untuk mesin cuci dengan panjang dinding hanya 85 cm. Berbatasan langsung dengan kamar mandi. Untuk ruang sisa diatas mesin cuci, saya tambahkan cabinet atas full area, masih dengan bahan yang sama, yaitu kayu pinus.
9-copy

Area Dapur Belakang

Interior dapur belakang ini malah pertama kali dibuat produksinya. Desain cukup simpel, masih bernuansa vintage. Meja beton yang dilengkapi zink sudah disediakan oleh developer, sehingga bentuk kitchen set nya mengikuti meja ini. Bahan yang saya gunakan campuran antara kayu pinus dan multipleks. 10-copyHasil jadi dari produksi dapur belakang :

2 pemikiran pada “Desain Interior Jogja – Mrs. Liza Anindya House (Yogyakarta)

    • Untuk biaya produksi kami tergantung pada desainnya bu. Terutama bentuk, bahan dan ukurannya, sehingga meskipun ukuran sama, kalau desainnya beda harga juga berbeda. Desain juga bisa kami bantu…

      Suka

Tinggalkan Balasan

