Arsitek Jogja : Mr. Vembri Darmawan – Klaten Jawa Tengah


Setelah beberapa waktu yang lalu teman SMP saya yang saya bantu untuk membuat desain rumahnya, kali ini giliran teman SMA saya yaitu Bp Vembri Darmawan. Beliau ingin membangun rumah diatas lahan berukuran 10 x 60 meter persegi. Lahan yang ada berupa pekarangan kosong dengan kontur datar.

Dengan beberapa keinginan kebutuhan ruang dalam rumah seperti ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dsb (seperti kebutuhan ruang dalam rumah pada umumnya) beliau menginginkan rumah yang efektif terutama dalam hal pencahayaan alami.

Untuk itu saya coba membuat denah seperti yang ada dibawah ini :

Denah Web

Ruang-ruang utama pada rumah ini saya tempatkan bukaan pada dinding-dindingnya sehingga sinar matahari alami dapat masuk secara optimal pada siang hari. Ruang tamu saya buat sedikit “terpisah” untuk menegaskan ruang privat yang ada di belakangnya. Kamar tidur utama berada di sebelah taman yang berbatasan dengan ruang tamu. Setelah ruang keluarga ini saya tempatkan dapur yang mempunyai view langsung kearah taman yang berbatasan dengan area garasi. Ruang makan menjadi satu dengan area dapur tanpa dinding pemisah dan view langsung kearah kolam yang berbatasan dengan kamar tidur anak di belakang. Kamar tidur berikutnya berbatasan langsung dengan ruang keluarga yang berhadapan dengan kamar tidur sebelumnya. Masing-masing kamar tidur mempunyai kamar mandi dalam.

Bagian belakang kanan saya tempatkan musholla yang berhadapan langsung dengan halaman belakang. Di bagian kiri saya tempatkan ruang untuk mencuci dan jemur. Halaman belakang yang masih sangat luas akan dipakai pemilik rumah untuk bercocok tanam dan memelihara beberapa hewan kesayangan.

17 copy

Untuk fasad bangunan Pak Vembri menginginkan bentuk yang modern, sesuai dengan jiwa mudanya yang senang berpetualang. Bagian depan fasad saya buat kombinasi bentuk modern dengan nuansa natural batu alam pada beberapa bidang fasad. Ketinggian lantai saya buat naik beberapa anak tangga sehingga rumah terlihat lebih tinggi. Pada bagian depan luar saya tempatkan teras yang terbuka dengan penutup polycarbonat rangka kayu.

Pada area carport saya gunakan grassblock agar dua fungsi tercapai, yaitu fungsi perkerasan untuk kendaraan dan fungsi hijau dengan adanya rumput yang bisa tumbuh di lobang grassblock.

Selain batu alam, saya gunakan finishing acian finish coating untuk memberikan kesan natural. Bentuk yang tegas pada sudut-sudut dinding bangunan mencerminkan bentuk modern dari sebuah bangunan.

14 copy 15 copy 16 copy12 copy13 copy4 copy

Pada ruang tamu yang berbatasan dengan taman bagian dalam, saya berikan bukaan dengan model kisi-kisi besi agar cahaya dan udara bisa masuk dengan optimal. Lantai ruang tamu menggunakan keramik sedangkan ruang transisi menuju ruang yang lebih dalam menggunakan parquet.

Furniture pada ruang tamu dibuat dengan bentuk sederhana. Kursi sofa tidak terlalu besar dan tinggi untuk menghindari kesan sumpek. Warna-warna furniture juga disesuaikan dengan warna sekitar sehingga terlihat menyatu.

5 copy

Gambar diatas adalah taman transisi antara garasi dengan dapur. Saya tempatkan taman agar polusi dari kendaraan di garasi akan terbuang bebas ke arah luar sehingga dapur tidak terkena dampak asap. Selain itu juga untuk mensuplai cahaya ke area dapur. Saya gunakan material lantai berupa batu alam pada area transisi dengan atap polycarbonat rangka kayu.

11 copy

Gambar diatas adalah ilustrasi untuk ruang keluarga. Saya gunakan papan kayu sebagai backdrop pada dinding belakang rak TV. Pada bagian atas dinding tersebut saya berikan bukaan berupa jendela mati sepanjang dinding. Sedangkan pada kanan kirinya saya berikan pintu geser untuk akses kearah taman dalam.6 copy

Gambar diatas adalah area kolam yang berbatasan dengan ruang makan dan ruang keluarga. Pada area kolam ini saya buatkan teras dengan material papan kayu yang ditata sejajar. Hal ini untuk menambah kesejukan ke dalam ruangan. Pada dinding pagar kolam saya tempelkan batu alam untuk menambah kesan natural.10 copy

Pada bagian belakang rumah saya tempatkan teras dengan material batu untuk lantainya. Sebelah kanan terdapat musholla dengan bukaan yang besar. Sebelah kiri area jemuran saya buat dinding tinggi agar view dari area jemuran tidak terlihat. Pada ujung area jemuran saya buatkan kisi-kisi sebagai pembatas.

Tinggalkan Balasan

