Arsitek Jogja : Mr. Adi Abimanyu House – Klaten Jawa Tengah


Pada Idul Adha 2015 kemarin, saya dimintai tolong teman SMP saya yaitu Bp. Adi Abimanyu untuk mendesain rumahnya yang berlokasi di Klaten Jawa Tengah. Pak Abi menginginkan rumah yang tidak terlalu mencolok atau kontras dengan lingkungan sekitarnya. Beliau ingin rumah hanya terdiri satu lantai dengan luas sekitar 200 – 250 m2.

Setelah ngobrol-ngobrol santai dengan Pak Abi, kami kemudian survey ke lokasi. Bentuk tanah hampir mendekati persegi dengan ukuran 20 x 30 m2. Site berada pada hook jalan, dimana sisi depan (20m) menghadap jalan aspal, sedangkan sisi samping (30m) menghadap jalan tanah.

Tanah berupa tanah pekarangan dengan beberapa pohon seperti pohon jati, pohon melinjo, pisang, dan semak-semak. Tetangga sebelah yang berbatasan langsung pada bagian samping mempunyai kandang sapi di bagian belakang. Sedangkan bagian belakang berbatasan dengan tanah saudara pak Abi yang juga terdapat kandang sapi.

Dengan beberapa pertimbangan tentang site tersebut, saya mencoba membuat beberapa alternatif denah. Setelah beberapa kali diskusi, akhirnya kami menentukan denah yang paling pas antara kebutuhan Pak Abi, ide saya, dan solusi masalah dalam site.

Kebutuhan ruang dalam rumah ini hampir sama dengan rumah pada umumnya. Terdapat ruang-ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang tidur, ruang service.

Dalam desain rumahnya, ada beberapa poin yang menjadi fokus utama desain :

  1. Ruang tamu berada terpisah dengan massa rumah inti.
  2. Garasi mobil menerus sampai bagian belakang site
  3. Batas pagar depan rumah dimundurkan sekitar 2 meter untuk parkir tamu
  4. rumah tidak mencolok/kontras dengan lingkungan sekitar
  5. Rumah hanya satu lantai
  6. Terdapat kolam ikan (karena putra beliau senang dengan ikan)

Denah yang saya buat seperti dibawah ini :

Denah Web

Untuk ruang tamu saya tempatkan gazebo di bagian depan rumah sebelah pojok. Pintu masuk rumah saya tempatkan menghadap samping agar pandangan dari luar terhalang ketika pintu terbuka.

Begitu masuk rumah saya tempatkan ruang keluarga yang dikelilingi oleh kamar tidur. Kamar mandi tamu saya tempatkan pada bagian depan berbatasan dengan ruang tidur tamu. Sebelah kanan saya tempatkan musholla beserta tempat wudhu. Ruang makan dan dapur berada di bagian belakang rumah yang langsung berbatasan dengan halaman belakang. Saya berikan space untuk jemur pakaian yang berada di pojok belakang rumah dengan pembatas roster dengan teras belakang. Untuk ruang tidur utama dengan ukuran paling besar dilengkapi kamar mandi dalam berada pada pojok kanan belakang bagian rumah ini. Berbatasan dengan halaman belakang untuk mendapatkan udara dan cahaya secara optimal.

1 copy

Material yang saya gunakan pada rumah ini sederhana, berupa finishing plester aci lapis cat. Pada beberapa bagian saya gunakan kayu sintetis atau menggunakan alumunium motif kayu sebagai pelapis. Pintu samping yang berada bagian depan saya berikan finishing berupa batu alam full dinding sebagai aksen natural.

Kusen pintu dan jendela saya gunakan alumunium untuk meminimalisir rayap dan tahan cuaca. Hanya untuk daun pintu tetap menggunakan finishing kayu solid/plywood.

5 copy 3 copy 4 copy 2 copy 7 copy 6 copy 8 copy 9 copy 10 copy 11 copy

Tinggalkan Balasan

