Arsitek Jogja : Mr. Denny House – Depok Jawa Barat


7 copy

Pak Denny, yang bekerja di Bank UOB Jakarta, adalah klien desain arsitektur saya kali ini. Beberapa bulan yang lalu, beliau menghubungi saya untuk meminta saya membuatkan desain rumahnya yang berlokasi di Depok Jawa Barat.

Lokasi lahan yang akan dibangun berada pada area kosong dengan posisi hook. Untuk bagian depan atau pintu utama, adalah bagian dari sisi memanjang site. Luasan yang diinginkan Pak Denny adalah sekitar 300m2 yang terdiri lebih dari 1 lantai.

Konsep untuk layout denah yang saya buat adalah mengoptimalkan ruang terbuka pada bagiansamping dan depan. Untuk bagian belakang saya membuat ruang terbuka yang dapat difungsikan sebagai taman ataupun kolam.

Denah Lantai 1copy

Denah Lt.1 Sketsa Awal

Denah web 1

Denah Lt.1 Fix

Pada lantai 1 bangunan rumah ini hanya terdiri dari satu ruang tidur. Sedangkan ruang yang lain adalah ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur, serta garasi. Untuk ruang tamu dibuat sedikit tertutup tidak berhubungan langsung dengan ruang keluarga karena Pak Denny membutuhkan lebih banyak privasi. Untuk ruang makan dan dapur menjadi satu area yang langsung berbatasan dengan ruang luar bagian belakang bangunan sehingga pencahayaan, penghawaan dan view terhadap ruang tersebut dapat terpenuhi.

Untuk ruang keluarga, saya tempatkan di bagian depan yang berbatasan dengan ruang tamu. Ruang keluarga ini juga saya tempatkan berbatasan langsung dengan ruang luar bagian depan, sehingga udara dan cahaya dapat masuk secara optimal lewat bukaan yang dapat dilihat di fasad bangunan.

Sementara untuk ruang servis seperti ruang tidur pembantu dan ruang cuci saya tempatkan di bagian belakang dengan akses langsung ke garasi. Hal ini agar tidak mengganggu aktivitas dan sirkulasi ruang utama lantai 1.

Denah Lantai 2 copy

Denah Lt.2 Sketsa Awal

Denah Web 2

Denah Lt.2 Fix

Pada lantai dua rumah ini lebih fokus digunakan untuk ruang privat yang terdiri dari dua ruang tidur anak dan ruang belajar. Masing-masing kamar tidur saya lengkapi dengan kamar mandi dalam dan di lantai ini tidak ada kamar mandi luar karena aktivitas lebih banyak didalam kamar dan pengguna ruang hanya yang memakai kamar di lantai ini.

Ruang belajar berbatasan langsung dengan balkon yang menghadap halaman belakang, sehingga suplai udara dan cahaya sangat optimal. Untuk kelancaran aliran udara, saya buat void disamping ruang belajar sehingga aliran udara dapat langsung masuk turun ke lantai satu.

Denah Lantai 3 copy

Denah Lt.3 Sketsa

Denah Web 3

Denah Lt.3 Fix

Lantai tiga atau lantai paling atas merupakan lantai pemilik rumah, dimana seluruh ruangan lantai ini hanya digunakan sebagai ruang tidur utama, ruang kerja dan ruang santai berupa balkon. Balkon ada dua, satu yang terintegrasi dengan ruang tidur, sedangkan satunya lagi menghadap depan yang dapat diakses dari ruang tengah.

 

9 copy

Fasad rumah ini banyak menggunakan unsur natural berupa kayu. Saya memang senang bangunan rumah dengan nuansa natural meskipun masuk ke dalam gaya modern. Perpaduan antara kusen alumunium, air kolam, serta lapisan kayu dalam fasad merupakan ciri khas yang ingin saya bangun dalam desain saya, terutama bangunan rumah tinggal.

8 copy

Dalam desain fasad rumah tinggal ini saya juga bereksperimen dengan warna cat monokrom keluarga warna hitam dan putih. Penggunaan batu alam serta acian tanpa cat juga dengan warna senada dengan dinding lainnya.

3 copy

Secara umum, bangunan ini merupakan bangunan modern. Untuk bahan material kusen saya menggunakan alumunium, sedangkan untuk daun pintu dan jendela menggunakan kayu solid (beberapa kombinasi dengan kaca). Finishingnya pun tidak banyak warna mencolok, namun menggunakan wanra putih duco semprot atau melamin semprot pada pintu utama.

2 copy 1 copy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s