Arsitek Jogja : Mr. Suratman’s House – Kalasan Klaten (Jilid 2)


Beberapa waktu yang lalu saya dihubungi oleh Mas Suratman, yang pernah memberikan tugas kepada saya untuk merenovasi rumah beliau yang berada di Kalasan Sleman. Waktu itu pekerjaan renovasi hanya penambahan ruang dan perubahan fisik bagian fasad rumahnya saja. Untuk artikel lengkap tentang renovasi yang sebelumnya bisa dilihat di sini.

Untuk renovasi yang kedua ini, mas Ratman menghendaki rumahnya menjadi dua lantai, karena putra putrinya sudah besar, sehingga membutuhkan kamar sendiri, juga untuk ruang kerja.

Dari keinginan tersebut, saya membuat denah rumah (berdasarkan denah eksisting) seperti berikut :

Denah Web 1

Pada lantai satu rumah ini, hanya terdapat satu kamar tidur seperti denah eksisting. Ruang Teras cukup kecil karena lahan terpakai untuk carport yang berisi dua mobil. Sedangkan ruang kerja yang ada sebelumnya diubah menjadi ruang tamu. Begitu juga ruang tamu diubah menjadi Ruang Keluarga yang mempunyai view ke arah depan dengan adanya dua jendela full ceiling. Dapur berada pada sisi kanan rumah, memanjang dengan ujung berupa kamar tidur pembantu.

Yang menarik dalam denah ini adalah bentuk site yang menyudut, sehingga beberapa ruangan mempunyai sudut yang tidak siku. Seperti pada area ruang makan, sehingga bentuk tangga pun mengikuti sudut dinding yang kurang dari 90′.

Denah Web 2

Sedangkan untuk lantai dua rumah ini, terdiri dari dua kamar tidur anak, kamar tidur utama, ruang kerja, serta ruang keluarga (ruang belajar). Pada bagian samping yang tepat diatas ruang tidur pembantu dan dapur, saya buat menjadi ruang jemur dan green roof yang bisa dipakai bersantai di sore hari.

10 copy

Untuk fasad bangunan, mas Ratman menginginkan bangunan rumah yang modern. Arsitektur modern dan perpaduan unsur alam (batu/kayu) yang sering saya gunakan menjadi ketertarikan Mas Ratman untuk model rumahnya. Beberapa contoh yang diperlihatkan kepada saya menjadi acuan dalam membuat desain fasad rumahnya.

Lantai satu saya gunakan beberapa material alam seperti batu andesit dan kayu papan. Batu alam saya taruh pada bagian pagar, yang memanjang dari ujung timur rumah sampai bagian pagar melengkung ke arah utara. Untuk pagar dan pintu carport saya gunakan besi holo.

9 copy

Pada fasad rumah lantai dua, saya menggunakan atap miring ‘panggang pe’, dengan bahan metal zincalum. Lapisan bawah alias plafond nempel kemiringan atap dengan bahan kayu papan serat jati. Untuk bagian timur menggunakan atap dak beton. Sehingga proporsi bangunan terlihat dinamis tidak monoton. Bentuk jendela pada ruang tidur anak saya buat tipikal mirro, dengan satu sisi bukaan jendela tinggi, dan sebelahnya jendela standar. Bahan kusen pada semua rencana pintu jendela menggunakan alumunium.

Pada balkon lantai dua kamar tidur utama, saya pasang pagar pengaman dengan bahan stainless dan kaca tempered. Sedang untuk menghindari tampias, saya lebihkan atap dak ke depan, serta saya tambahan pot beton memanjang di depan balkon untuk mereduksi air hujan yang masuk.

Tinggalkan Balasan

