Arsitek Jogja : Perumahan di Jakarta


1 copy_5

Saya jarang sekali menerima pekerjaan desain untuk perumahan. Dapat dikatakan tidak lebih dari 5 kali untuk pekerjaan desain perumahan. Namun beberapa waktu yang lalu, sekitar bulan Oktober 2014 saya dihubungi untuk membuat prototype perumahan yang berlokasi di Jakarta. Perumahan ini lahan per kaplingnya berbeda-beda, namun saya hanya membuat satu prototype saja. Berikut denah yang saya buat, yaitu type 60 :

Denah JPEG Upload

 

Untuk desain fasad, saya memilih gaya modern tropis. Dimana banyak bukaan untuk cahaya dan udara. Bentuk atap saya buat miring hanya ke satu sisi saja. Penggunaan batu alam pada sisi dinding dapur sebagai aksen bangunan mdoern tropis.

Kolom pada teras juga sederhana dengan bentuk limas terporong, dengan finishing plester kamprot. Sebagai bangunan modern, material seperti alumunium dan kaca saya masukkan dalam kusen pintu dan jendela. Kesan simple saya wujudkan dengan warna pintu dan daun jendela yang putih (finishing duco semprot) juga tidak adanya kanopi-kanopi yang terlalu ramai.

2 copy_7

Desain interior dari rumah ini juga saya buat berkesan modern sederhana. Penggunaan material-material kaca dan stainless menjadi point penting dalam desain ini. Wallpaper saya tempelkan pada dinding ruang tamu untuk memecahkan kebekuan. Warna-warna bersih monokrom menjadi tema dalam desain interior rumah ini.

6a 5a

Selain dengan desain fasad diatas, saya juga membuat desain fasad yang lain, hanya berbeda pada bentuk atap yang miring ke depan dan ke belakang. Pada bagian bawah tidak ada perbedaan sama sekali. Atap dibuat demikian adalah untuk meminimalisir adanya talang pada bagian samping. Sehingga air hujan akan mengalir ke depan dan ke belakang dan akan langsung jatuh ke tanah halaman.

4 copy_8 3 copy_10

Berikut adalah salah satu desain untuk type yang lain. Desain ini saya buat lebih minimalis lagi tanpa adanya kolom pada area teras.

8 copy_27 copy_5

2 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Perumahan di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s