Arsitek Jogja : Rancang Bangun Parama – Langkah Berikutnya Dalam Ber-arsitektur


Selama ini saya menjalankan usaha di bidang arsitektur sudah beberapa kali mengalami perubahan konsep. Pertama kali terjun dalam bidang arsitektur mandiri, saya bekerjasama dengan 3 orang teman saya dengan profesi yang sama. Tak lama kemudian, kami memutuskan untuk bergerak sendiri-sendiri. Saya bergerak sendiri dengan menjalanakan beberapa project seperti Rumah Bapak Budi Gunung Mulia, Rumah Bapak Isdaryanto, Desain Fasad Kedai Digigtal Yogyakarta, Desain Perumahan di Kendari, Desain Interior Ibu Indra Sukirno di Jakarta, dan banyak lagi desain yang saya kerjakan sendiri. Sedangkan untuk pelaksanaannya pun saya handle sendiri mulai dari desain, RAB, hingga pembelian material bangunan dan tenaga tukang.

100_0480a

Mr. Budi Gunung Mulia House – Sleman

 

Mr. Isdaryanto's House

Mr. Isdarmanto House – Yogyakarta

 

102_0118

Kedai Digital Yogyakarta

 

Fasad

Perumahan Di Kendari

 

New 1 copy copy

Mrs. Indra Sukirno House – Jakarta

 

Pada tahun 2009, saya beberapa kali menghandle pekerjaan dengan mengajak teman saya yaitu Bela Mudayana (teman mulai dari SMA, kuliah, hingga kerja), terutama untuk pekerjaan interior. Hingga suatu ketika saya mengajak dua teman yang lain yang bergerak dalam bidang maket bangunan yaitu Dedek Eka Tribowo dan Wira Aji Surya (keduanya juga teman kuliah) untuk membentuk suatu studio desain bernama CruZIndo Artwork. Cruzindo mengerjakan beberapa proyek yang cukup banyak seperti Rumah Ibu Sutarti di Yogyakarta, Rumah Bapak Arif di Yogyakarta, Rumah Bapak Erick di Tasikmalaya, Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari Gunungkidul, dan banyak lagi. Juga mengerjakan beberapa proyek maket yang ownernya berasal dari luar kota semua.

5a

Mrs. Sutarti House – Yogyakarta

 

1 copy

Mr. Arif House – Yogyakarta

 

Mr. Erick's Residences

Mr. Erick House – Tasikmalaya

 

view 1

Griya Tawar Asri Wonosari – Gunung Kidul DIY

 

Namun CruZIndo pun akhirnya harus berpisah karena beberapa sebab. Rekan saya Bela Mudayana akhirnya bergerak dalam bidang interior dengan nama Desain Arsitek Jogja. Rekan saya Dedek Eka Tribowo bergerak sendiri dengan nama Desain Rumah Idaman, dan saat ini sudah membuat CV sendiri dalam bidang desain arsitektur. Sedangkan rekan saya Wira Aji Surya, pindah ke Palembang dan menjalankan bidang konstruksi di kota tersebut.

Saya dalam menjalankan studi s2 bertemu dengan teman yang juga berprofesi sama, yaitu Rainard Arditya Buana. Beberapa kali kami mengerjakan pekerjaan arsitektural seperti Desain Waroeng BNI di Lembah UGM, Desain Tugu dan Taman Kota Klaten, dan Mr. Rory House Di Prambanan Jawa Tengah. Kemudian akhirnya kami putuskan untuk membuat badan usaha berupa CV yang kami beri nama CV. RANCANG BANGUN PARAMA.

9a copy

Waroeng BNI – Lembah UGM

 

1 copy

Tugu dan Taman Kota Klaten – Jawa Tengah

 

IMG-20141121-WA0005

Mr. Rory House – Prambanan Jawa Tengah

 

Saat tulisan ini dibuat, CV kami sedang mengerjakan dua pembangunan fisik rumah tinggal yang berada di Yogyakarta, yaitu desain kediaman bapak Herry Pradonggo yang berlokasi di Banteng Jalan Kaliurang Yogya dan kediaman bapak Simon Supriyadi di daerah Paingan Sleman.

25 copy

Mr. Hery Pradonggo House – Banteng Jalan Kaliurang Sleman DIY

 

2 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Rancang Bangun Parama – Langkah Berikutnya Dalam Ber-arsitektur

Tinggalkan Balasan

