Arsitek Jogja : Mr. Lukman’s House – Bekasi


Desain ini merupakan kolaborasi dengan pemilik rumah yaitu Bapak Lukman Hakim yang berada di Jakarta. Beliau sudah mempunyai gambaran bentuk rumah yang diinginkan. Saya memberikan beberapa sentuhan untuk desainnya menurut standar-standar bangunan dan estetika. Yang menarik dari lahan ini adalah bentuknya yang seperti “kantong” di belakang, serta aturan Koefisien Dasar Bangunan yang sangat kecil. Hal ini dikarenakan kawasan lahan tersebut merupakan kawasan resapan air.  Adapun denah dari rumah ini, mengacu kepada bentuk site yang berbentuk L.

Bapak Lukman sewaktu menghubungi saya sudah mempunyai denah yang beliau rancang sendiri. Denah rumah terdiri dari dua kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi.

FinalTopa

Dalam proses diskusi selanjutnya, terjadi perubahan desain denah dimana rumah menjadi dua lantai pada salah satu sisinya. Hal tersebut karena kebutuhan ruang yang bertambah berdasarkan pertimbangan dari Pak Lukman dan keluarga.

Sehingga untuk denahnya menjadi seperti gambar dibawah ini :

Denah Lt1

Denah lantai 1

 

Denah Lt2

Denah lantai 2

 

 

Fasad yang diinginkan oleh Pak Lukman adalah minimalis. Tidak menggunakan banyak ornamen. Penghawaan dan cahaya dimasukkan ke dalam bangunan secara optimal, namun ada beberapa ruangan yang bisa tertutup untuk menggunakan AC.

Bangunan yang berbentuk U, memungkinkan adanya lahan terbuka di tengah bangunan. Hal ini saya manfaatkan untuk memberikan area terbuka sebagai pensuplai udara. Di area tersebut saya usulkan untuk dibuat sebagai kolam, sehingga meskipun terbuka dan terkena pancaran sinar matahari langsung, namun masih terkesan adem.

5 copy copy

6 copy

Fasad depan dari rumah Bapak Lukam ini saya buat dengan mengeksplor bentuk-bentuk geometris kaku, dengan material kombinasi antara batu alam dan cat tembok biasa. Tidak menggunakan warna-warna kayu pada bagian depan, sehingga terkesan modern.

Bagian yang merupakan area ruang keluarga, saya buat dindingnya menjorok keluar pada ketinggian standar televisi dipasang, sehingga memberikan ruang cekungan pada interior didalamnya. Dan dibawah tembok menjorok tersebut saya berikan kolam air sebagai penyejuk pandangan.

Bukaan pada fasad dibuat tidak simetris untuk mencegah kebosanan akibat monoton. Bukaan berupa kaca memanjang secara vertikal dan horizontal saya tempatkan pada area ruang tamu dan ruang keluarga, dengan ketinggian kaca full plafond. Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.

7 copy

2 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mr. Lukman’s House – Bekasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s