Arsitek Jogja : Mr. Chrisnadi Susanto Residence – Cibubur


8 copy a

Proyek ini adalah renovasi. Bapak Chrisnadi Susanto selaku pemilik rumah menginginkan adanya penambahan ruang di samping rumah utama. Yang unik adalah, lahan tersebut berbentuk segitiga.

Berikut denah eksisting dari rumah Bapak Chrisnadi :

DENAH LANTAI 1

Existing Lt 1

DENAH LANTAI 2

Existing Lt.2

Sedangkan fasad eksisting adalah sebagai berikut :

depan 1 depan 2

Untuk interior eksisting :

dalam 1 dalam 2

Inti dari perubahan desain adalah terletak pada pemanfaatan lahan disamping rumah yang berbentuk segitiga. Cukup menarik bagi saya kondisi eksisting lahan segitiga ini. Pertama kali yang menjadi pertimbangan saya adalah bentuk segitiga dapat menjadi point of interest dari ruangan yang ada didalamnya.

20140415002957

20140415004440 20140415005422

Dengan berbagai pertimbangan terhadap luas lahan dan kebutuhan ruang, saya mencoba desain untuk denah ruangannya seperti pada gambar berikut :

Denah Lt 1 copy

Pada lantai 1, perubahan terjadi pada area belakang, dimana ruang tidur anak dirombak dijadikan area tangga. Ruang tidur anak digeser kekanan, sehingga bisa mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang lebih. Dapur digeser sedikit ke belakang, berbatasan dengan area tangga dan langsung berhubungan dengan area ruang makan. Konsep lapang saya terapkan di area bawah, dimana ruang tamu dan ruang keluarga menyatu, juga antara ruang tamu dan ruang makan.Ruang keluarga mempunyai bukaan ke arah belakang dengan kaca full yang memenuhi dinding.

Denah Lt.2 copy

 

Sedangkan untuk perubahan lantai 2, juga pada area belakang dimana ruang pembantu menjadi area tangga. Kemudian mengarah ke balkon (tempat jemur) dan ruang pembantu yang terdapat km/toilet.

Untuk perubahan pada fasadnya, saya hanya menyambung dari fasad yang sudah ada, dengan tambahan berupa bukaan jendela penuh pada area bawah (ruang keluarga) dengan model jendela nati. Pada lantai 2 saya menggunakan model jendela dengan bukaan engsel di tengah daun jendela.

Untuk ruang keluarga di lantai bawah, saya menggunakan perbedaan material penutup lantai pada area segitiga. Saya gunakan koral tabur pada bagian lantai dengan aksen vegetasi sebagai focal point, kemudian dinding dilapisi material batu alam (batu andesit) untuk menambah kesan natural.

Berikut beberapa view eksterior dan interiornya…

3 copy 4 copy 5 copy 6 copy

5 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mr. Chrisnadi Susanto Residence – Cibubur

  1. Assalamualaikum wr wb

    Setelah saya baca sungguh sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi saya

    Maaf sebelumnya saya meninggalkan jejak. Jika ingin pasang rangka baja ringan di kawasan Daerah istimewa Yogyakarta dan kawasan jateng yang berdekatan dengan DI Yogyakarta, silahkan kunjungi blog saya untuk info lebih lanjut

    http://konstruksirangkabaja.wordpress.com/

    Walaikumussalam wr wb

Tinggalkan Balasan

