Arsitek Jogja : Mr. Mukhtar Azis House – Cikarang


5 copy

Bulan Agustus 2013 yang lalu, saya dipercaya mendesain rumah tinggal Bpk. Mukhtar Azis/Ibu Olly Purnamasari yang berlokasi di Cikarang Jawa Barat. Beliau berdua menginginkan renovasi rumah tinggal yang berada di salah satu kompleks daerah Cikarang.

Permasalahan yang utama adalah kebutuhan ruang. Ibu Olly menginginkan beberapa tambahan ruang dalam kediamannya. Ruang yang ada saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan pemilik. Berikut denah rumah eksisting yang ada berserta foto-foto rumah.

Denah EksistinngIMG03913-20130617-1354IMG03925-20130617-1408IMG03920-20130617-1402IMG03919-20130617-1401IMG03914-20130617-1354IMG03911-20130617-1352

Untuk pengembangan, ternyata Pak Azis masih mempunyai lahan disamping kanan rumah selebar 3 meter, sehingga dapat dimanfaatkan untuk perluasan lantai rumah. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan ruang, rumah direncanakan untuk dibuat 2 lantai, dengan konsekuensi merubah struktur dari struktur sederhana 1 lantai menjadi struktur 2 lantai. Poin utama yang ditekankan adalah kebutuhan ruang, seperti ruang tidur yang harus mendapat asupan cahaya dan aliran udara alami yang lancar, juga tambahan ruang service yang mempunyai akses tersendiri yang terpisah dari ruang utama rumah.

denah web 1

Lantai 1 hanya terdiri dari 1 kamar tidur utama untuk pemilik rumah. Ruang lainnya adalah ruang komunal, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, serta kamar mandi pembantu yang terpisah akses masuknya.

denah web 2

Lantai 2 terdiri dari ruang-ruang tidur yang memang dijaga untuk privasinya. Masing-masing ruang tidur dimanjakan oleh bukaan-bukaan yang besar yang membuat cahaya dan udara masuk secara maksimal ketika dibuka.

Fasad bangunan bertema modern, dengan bentuk-bentuk tegas dan tidak terlalu banyak ornamen yang ditempelkan. Bahan-bahan metal yang bernuansa modern dipadu dengan bahan kayu agar kesan hangat dan alami tersampaikan. Selain itu, untuk lebih menonjolkan kesan alaminya, ditambahkan beberapa unsur batu alam pada dinding-dinding bangunan.

7 copy copy10 copy9 copy8 copy11a copy

Sebagian besar lahan rumah ini tertutup oleh bangunan, sehingga untuk memenuhi peresapan air, pada bagian carport dan bagian-bagian lain rumah yang bersifat terbuka, digunakan material yang memungkin air dapat meresap masuk secara optimal kedalam tanah, seperti penggunaan material grassblock, serta groundcover berupa rumput.

6 copy

5 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mr. Mukhtar Azis House – Cikarang

  1. Assalamualaikum wr wb

    Setelah saya baca sungguh sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi saya

    Maaf sebelumnya saya meninggalkan jejak. Jika ingin pasang rangka baja ringan di kawasan Daerah istimewa Yogyakarta dan kawasan jateng yang berdekatan dengan DI Yogyakarta, silahkan kunjungi blog saya untuk info lebih lanjut

    http://konstruksirangkabaja.wordpress.com/

    Walaikumussalam wr wb

  2. Saya ada rencana untuk penambahan ruangan di lt 2, total penambahan krg lbh 30-32 m2…yg sdh di dak 18 m2, yg belum di dak 15 m2. Ruangan tambahan adlh kmr tidur ukuran 2.5×3 m, kamar mandi modern dgn air panas dan dingin , ukuran krg lebih 2.5 x 3 m (tdr dr bathtub, cabinet, dan toilet). Yg perlu di dak kurang lebih 3.5 x 5.5m. atap pinginnya galvalum. Berapa kira2 biayanya. Terima kasih

  3. pak bondan, berapa biaya desain rumah tinggal per meternya? apa sudah sama desain interiornya sekalian? lalu nanti produknya apa yang saya dapat?

    terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s