Arsitek Jogja : Mrs. Rahayu Tri Astuti’s House – Yogyakarta


35 copy

Pada awalnya Mbak Uthe (sapaan akrab Ibu Rahayu T.A) menghubungi saya ketika rumah beliau sedang mulai dibangun di daerah Jalan. H.O.S Cokroaminoto Yogyakarta. Mbak Uthe menginginkan desain interior untuk rumahnya yang akan dibangun tersebut.

Selang beberapa bulan, mbak uthe kembali menghubungi saya, untuk kelanjutan desain interior rumahnya. Setelah bertemu, ternyata ada beberapa hal yang lebih diutamakan oleh mbak Uthe terkait fungsi ruang lantai dua. Mbak uthe menginginkan ruang atas yang terdiri dari ruang jemur dan satu kamar tidur, disulap menjadi ruang yang serbaguna. Kemudian juga area cuci di bagian bawah tangga menjadi area terlindung yang masih mendapat penerangan alami dari matahari, namun penghawaan tetap dibuat untuk sirkulasi uap air karena aktivitas mencuci.

Denah D6a

IMG-20130711-00352 IMG-20130711-00356 IMG-20130711-00360 IMG-20130711-00362

Area cuci pada bagian atas ditutup menggunakan kaca dengan bingkai stainless steel. Untuk lantai menggunakan batu andesit rata yang permukaannya sedikit kasar agar tidak licin. Anak tangga menggunakan topping berupa kayu bengkirai dengan finishing melamin. Selain itu pada area bawah tangga dibuat menjadi area wudhu dengan batuan koral tabur. Dinding pada tangga ditempel batu andesit yang berbentuk vertikal dengan pemasangan yang tidak begitu rata. Ada beberapa batu yang dipasang menonjol keluar sebagai aksen. Lantai selasar menggunakan papan kayu GT Lumber yang tahan terhadap air.

17 copy 18 copy

Area tangga pada bagian atas ditutup dengan atap Louvre sehingga sirkulasi udara dapat diatur. Pada waktu cuaca panas atap dapat dibuka dan sewaktu hujan atap ditutup dan air mengalir ke atap. Air dari atap dialirkan ke talang stainless yang kemudian dialirkan kebawah melalui pipa pembuangan untuk diteruskan pada saluran drainase. Bagian samping tangga ditutup dengan susunan kayu bengkirai yang dikombinasi dengan kaca, kemudian diberi bukaan untuk sewaktu-waktu membersihkan kaca penutup area cuci.

20 copy 21 copy

IMG-20130730-00424 IMG-20130730-00425 IMG-20130730-00426 IMG-20130730-00428

Area halaman samping dibuat taman dengan gazebo yang berkonsep jepang. Dengan bahan kayu atap sirap, dikombinasi dengan pintu sliding pada bagian samping dan belakang. Bentuk dan motif pintu sliding meniru motif jepang. Gazebo berada diatas kolam, untuk memberikan kesan terapung. Selain itu kolam dibuat sebagai elemen pendingin dari rumah. Pagar samping dan belakang menggunakan acian tanpa cat, dengan pola horizontal garis. Antara halaman dan gazebo yang terpisah kolam, dibuatkan jalan dari semen cor yang seolah-olah mengambang, kemudian menuju ke area kursi dan meja payung untuk bersantai di halaman. Konsep kursi adalah sobekan dari jalan cor yang menuju gazebo. Tanaman tinggi ditempatkan didekat area pintu dan meja payung untuk peneduh halaman. Selebihnya diletakkan tanaman-tanaman pendek untuk elemen estetika.

32 copy 33 copy

Bagian depan pintu keluar rumah ke halaman dipasang rangka alumunium untuk penopang tanaman rambat. Tanaman ini berfungsi mereduksi tampias air ke teras ketika hujan. Penempatan lampu taman minimalis pada area-area tertentu untuk membuat suasana hangat di malam hari sehingga area gazebo menjadi area yang favorit untuk berkumpul di malam hari.

34 copy 35 copy 36 copy

Interior :

5 copy 6 copy 7 copy 8 copy 9 copy 10 copy 11 copy 12 copy

Satu pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mrs. Rahayu Tri Astuti’s House – Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s