Arsitek Jogja : Indonesia Direktori Kreatif


yOGYAKARTA_ARSITEKTUR_BONDAN-PRIHASTOMO-2

Sebenarnya ini hanya sekedar intermezzo. Hampir satu tahun yang lalu saya mendapat email yang menyatakan bahwa saya terpilih menjadi salah satu pelaku industri kreatif dari Kementrian Pariwisata Jakarta. Karena saat itu saya sedang fokus pada pengerjaan thesis saya, saya kurang begitu memperdulikan email tersebut. Selang beberapa hari, saya mendapat telepon yang menanyakan tentang email tersebut. Kemudian karena saya penasaran, saya tanggapi dan akhirnya kami janjian untuk bertemu. Saya ingin mendapatkan kejelasan tentang perihal tersebut.

Dalam pertemuan itu, saya diberi tahu bahwa Kementrian Pariwisata Pusat (Jakarta) menjalankan program pendataan sejumlah pelaku industri kreatif se Jawa-Bali dalam berbagai bidang, diantaranya musisi, seniman, dan salah satunya arsitek. Untuk wilayah Yogyakarta, terpilih tiga arsitek yaitu Bapak Eko Prawoto, Ibu Laretna T. Adhisakti, dan saya.

Sungguh hal yang sangat mengagetkan karena saya dibandingkan dengan kedua senior tersebut. Untuk arsitek di Jawa Barat terdapat nama Ridwan Kamil. Untuk musisi Yogyakarta terdapat nama Duta (Sheila on 7) diantara banyak nama lain. Benar-benar suatu hal yang saya sendiri tidak percaya.

Bapak Eko Prawoto adalah Arsitek senior yang karyanya sudah mendunia. Ibu Laretna T. Adhisakti adalah salah satu dosen saya di kampus Arsitektur UGM dan tentu karya beliau sudah pada tingkat nasional. Sedangkan saya ini siapa?

Kemudian setelah ngobrol beberapa lama, temen-temen yang menemui saya (karena masih muda sehingga ngobrolnya enak ditambah gurauan dan candaan) meminta biografi, serta karya-karya yang telah saya buat. Mereka membutuhkan data berupa foto-foto karya saya. Selain itu mereka juga menginginkan foto kantor atau workshop saya.

Selang beberapa hari, kami mengadakan foto-foto yang berada di workshop rekan kerja saya. Dan data-data tersebut dimasukkan dalam sebuah website http://direktori.indonesiakreatif.net/. Sedangkan profil saya dapat dilihat langsung pada link http://direktori.indonesiakreatif.net/directory/bondan-prihastomo/.

Sungguh suatu kebanggaan meskipun sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana saya bisa terpilih dan masuk sebagai salah satu arsitek yang disandingkan dengan senior-senior saya tersebut. Namun hal ini semakin memacu semangat berkarya bagi saya untuk ke depannya. Terimakasih kepada teman-teman dan Kemetrian Pariwisata Jakarta…

yOGYAKARTA_ARSITEKTUR_BONDAN-PRIHASTOMO-3 yOGYAKARTA_ARSITEKTUR_BONDAN-PRIHASTOMO-4 yOGYAKARTA_ARSITEKTUR_BONDAN-PRIHASTOMO-5 yOGYAKARTA_ARSITEKTUR_BONDAN-PRIHASTOMO-6

5 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Indonesia Direktori Kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s