Arsitek Jogja : Mrs. Liza Anindya’s House – Cibubur


9 copy

Pada bulan April tahun 2012 yang lalu saya dimintai tolong oleh teman saya untuk membuat desain renovasi rumah tinggal. Lokasi rumah eksisting yakni di Perumahan Taman Kenari, CibuburJawa Barat. Perumahan yang sangat besar, dengan berbagai cluster. Rumah eksisting berada pada cluster Melayu.

Kondisi eksisting dari rumah ini adalah, satu lantai, ruangan yang sempit dan sudah ada beberapa kerusakan dibeberapa tempat. Dari hasil diskusi beberapa kali dengan pemilik rumah, saya rangkum menjadi sebuah konsep hunian modern fungsional.

Liza new-Model copy Liza new lt2-Model copy

Untuk denah layout ruangan, saya mengusung tema terbuka, dimana ruang tamu langsung terbuka terhadap ruang keluarga dan ruang makan. Hal ini untuk mengedepankan kesan ‘welcome’ sehingga tamu tidak merasa sebagai orang asing. Hal ini cocok dengan keprinadian pemilik rumah yang supel dan welcome.

Lantai 1 hanya terdapat 1 ruang tidur. Ini untuk menghemat ruangan sehingga ruang lain bisa terasa lapang. Pantry berada pada bagian belakang, langsung berhubungan dengan ruang makan, namun tidak terlihat dari ruang tamu. Sedangkan dibalik dinding belakang pantry, terdapat dapur kotor.

Untuk area service, terpisah dari ruang utama. Kamar pembantu berada diluar dengan pintu kamar yang harus dijangkau dari ruang utama rumah. Untuk kegiatan cuci jemur, saya letakkan diatas ruang kamar pembantu, dan tidak ada akses untuk masuk ke ruang utama rumah pada lantai 2.

Lantai 2 terdapat 3 kamar tidur. Sesuai dengan jumlah keluarga Ibu Liza. Kamar tidur bagian depan menggunakan kamar mandi dalam, yang rencananya akan digunakan untuk kamar utama. Terdapat balkon pada bagian belakang lantai 2, serta tempat cuci jemur.

Berikut gambar tampak belakang :

11 copy

Pelaksanaan pembangunan memakan waktu kurang lebih 6 bulan. Kebetulan dilaksanakan pada musim kemarau sehingga tidak ada gangguan hujan pada waktu pembongkaran.

IMG01634-20121109-1458

Tangga saya letakkan pada area ruang keluarga, untuk mendapatkan ruang nyaman bagi anak tangga. Area bawah tangga saya desain untuk dapat digunakan sebagai tempat TV.

IMG01649-20121112-0840

IMG01652-20121112-0843

IMG01653-20121112-0844

Gambar fasad pada waktu pelaksanaan pekerjaan renovasi.

IMG01677-20121112-1734

Setelah sekitar 6 bulan, rumah sudah jadi dengan beberapa perubahan. Karena lokasi yang jauh, saya tidak dapat mengawasi jalannya pelaksanaan renovasi. Improvisasi dari pemilik, yaitu menambahkan dak teras beton pada bagian depan lantai 2, yaitu diatas carport. Hal ini berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari panas dan hujan, serta memberikan image megah pada fasad bangunan. Selain itu dapat digunakan untuk bersantai pada malam hari.

Pemilihan kusen dengan tema modern, saya gunakan alumunium dan kayu cat duco dengan menggunakan bahan kusen yang lama.

Berikut fasad depan setelah jadi.

DSC_0213

DSC_0209

DSC_0215

Untuk interior dalamnya, saya memberikan desain yang modern sesuai tema bangunan. Area bawah tangga menjadi center point ruang keluarga dengan adanya TV dan backdrop. Area belakang sofa yang merupakan dinding memanjang saya sematkan nakas memanjang dan ambalan. Dinding tetap saya biarkan terbuka lebar untuk memberikan kesan luas, dengan lapisan wallpaper.

Interior Liza's House

Bagian pantry menggunakan kayu lapis finishing HPL sesuai dengan keinginan pemilik. Pantry tidak terdapat kompor, dan kompor diletakkan diluar pada area dapur kotor. Terdapat kulkas eksisting yang memerlukan tempat tersendiri. Berikut desain pantry :

Pantry Fin render

Area dapur kotor langsung berhubungan dengan halaman belakang. Terdapat kompor, serta kitchenzink dan rak-rak piring serta tempat-tempat penyimpanan perkakas masak yang besar seperti panci, wajan, dsb.

Dapur Belakanga copy

Berikut foto-foto interior yang ada saat ini.

DSC_0186

Bukaan yang lebar pada kamar utama memungkinkan cahaya dapat masuk dengan leluasa dalam kamar.

DSC_0194

DSC_0197

DSC_0199

DSC_0228

DSC_0225

DSC_0226

DSC_0227

Terimakasih…🙂

Satu pemikiran pada “Arsitek Jogja : Mrs. Liza Anindya’s House – Cibubur

  1. Siang pak,
    kebetulan saya tinggal di perumahan yang sama dengan ibu Liza, saya ingin bertanya bilamana saya ingin membuat dapur basah/kering di belakang rumah dengan sisa tanah yang ada 10×5 meter.
    Belakang rumah sekarang cuma taman.
    Saya ingin membuat dapur , berapa kira2 biaya yang dibutuhkan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s