Arsitek Jogja : Golden Triangle – Pengembangan Citywalk dan Moda Trem Pada Kota Surakarta


Pada caturwulan ketiga dalam kuliah saya di Magister Desain Kawasan Binaan UGM, kami mengambil kasus tentang isu menghidupkan kembali jalur kereta api lama pada kota Surakarta. Sebagai pengajuan awal, kami bertemu dengan beberapa staff di Dinas Tata Ruang Surakarta dengan tujuan selain menyampaikan gagasan kami, juga untuk mendapatkan masukan lain terkait dengan ide yang kami tawarkan.

Rencana menghidupkan kembali rel lama sebenarnya sudah direncanakan oleh pihak Pemerintah Kota Surakarta. Namun mungkin dikarenakan skala prioritas, pihak pemkot melaksanakan program lain terlebih dahulu. Setelah mendapat masukan dari mereka, kami menyimpulkan dua pokok permasalahan yaitu :

1. Mencoba memberikan alternatif moda transportasi publik yang memadai berupa LRT

2. Terkait dengan point no 1, juga untuk melanjutkan program pemkot yang sudah berjalan, yaitu pengembangan jalur citywalk dan sidewalk Kota Surakarta.

Kami ber-delapan, sehingga untuk memudahkan konsentrasi, pembagian kerja berdasarkan cakupan wilayah yang saling berkaitan, dengan benang merah secara fisik yang utama ada jalur LRT. Kemudian hasil yang kami dapatkan untuk sistem secara keseluruhan sebagai berikut :

Kemudian, setelah perencanaan secara meso, kami lanjutkan dengan pengembangan kawasan secara mikro, pada kawasan kami masing-masing, dengan tetap mengacu pada “main design”. Perencanaan per kawasan kami analisa salah satunya dengan metode SWOT, sehingga dapat diketahui solusi perencanaan atas isu-isu yang terjadi pada masing-masing kawasan. Berikut dibawah merupakan hasil analisa, design guidelines dan beberapa detail desain pada kawasan yang kebetulan saya pegang, yaitu kawasan Benteng Vasternburg dan sekitarnya, termasuk Galabo dan Pasar Gede.

2 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Golden Triangle – Pengembangan Citywalk dan Moda Trem Pada Kota Surakarta

  1. Wow… ini artikel yang sangat keren… saya menikmati sekali untuk membaca panelnya…. deskripsi tekstualnya memang singkat ya jadi memang musti buka di desktop untuk membaca panelnya lebih jauh… ^_^
    Sepertinya surakarta menjadi lahan menarik yah untuk perencanaan kawasannya. Ck ck, saya sangat bisa belajar banyak dengan membaca postingan ini. ^_^
    Salam karya dan semoga sukses untuk karyanya.
    widya @wiedesignarch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s