Arsitek Jogja : Educational Park “Code” – Eksisting


Ini merupakan tugas dari mata kuliah Studio Desain saya pada cawu 2 kemarin. Kawasan yang menjadi fokus pembahasan adalah sepanjang sungai code, dengan deliniasi utara yaitu ringroad utara, sedangkan bagian selatan yaitu ringroad selatan. Kebetulan saya dan teman saya Rainard Arditya Buana, mendapatkan bagian untuk mendesain penggal paling utara, yang berbatasan langsung dengan ringroad utara.

Deliniasi kami untuk bagian utara adalah ringroad utara, sedangkan bagian selatan adalah Jl. Sudirman. Untuk bagian utara, kawasan sepanjang sungai Code masih banyak terdapat ruang terbuka (adanya asrama haji, kampus teknik UGM, RS Dr.Sardjito). Semakin ke selatan, semakin banyak permukiman warga, dan konturnya cenderung semakin datar. Berikut ini data-data eksisting mengenai persebaran massa, fungsi, open space, green area, sosial dan ekonomi warga.

.

.

Setelah data-data tersebut terkumpul, kami mengolah dengan menggunakan metode SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Dari analisis ini didapatkan beberapa alternatif solusi, yang nantinya digabungkan dengan alternatif konsep pemecahan maupun pengembangan. Pemasalahan utama yang diangkat sebagai fokus adalah bahaya lahar dingin yang mengancam keselamatan warga bantara sungai Code. Selain permasalahan lingkungan seperti sampah dan pola hidup masyarakatnya.

.

Untuk melihat bahasan selanjutnya, yaitu “Konsep dan Desain”, klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s