Arsitek Jogja : Renovasi Gedung Metro TV Jogja


Gedung Metro TV yang terletak di Jl. Cendana No. 16 Yogyakarta ini saya renovasi pada akhir tahun 2009 kemarin. Memang tidak banyak perubahan dari “wujud” bangunan itu sendiri, karena beberapa perbaikan yang dilakukan tidak merubah dari bentuk dan fasad bangunan. Perbaikan dilakukan sebatas struktur yang menunjang kekuatan bangunan saja, seperti rangka atap, plafon, dan kolom tembok.

Bangunan ini telah berdiri 20 tahun lebih. Pada awalnya hanya berupa rumah tinggal, kemudian disewakan kepada Metro TV Jogja. Kondisi pada waktu saya cek lokasi pertama kali, plafond lantai 2 hampir roboh, karena kayu rangka plafond yang sudah remuk. Kemudian atap bagian depan, gording penyangga usuk patah, sehingga atap bisa roboh sewaktu-waktu. Juga banyak bocor dimana-mana, sehingga merusak bagian dalam dari bangunan tersebut.

Perbaikan saya lakukan dimulai dari atap terlebih dahulu. Gording dengan ukuran 12×15 yang patah saya ganti terlebih dahulu dengan menggunakan kayu bengkirai kalimantan. Setelah itu penggantian usuk yang telah lapuk, dilanjutkan dengan reng. Semua kayu rangka atap dilapisi anti rayap, karena semua kayu lama yang hancur karena dimakan rayap. Pembongkaran dilakukan secara bertahap, mengingat pada saat pelaksanaan sedang musim hujan. Setelah rangka terpasang kemudian genteng dinaikkan dan ditata. Genteng yang digunakan adalah genteng beton tanpa cat  ;

Genteng dan Kerpus lama

Genteng Baru

Perbaikan lainnya adalah penggantian rangka plafon dan eternit. Karena kayu yang hancur akibat rayap, plafond menjadi melengkung dan hampir roboh. Seperti halnya rangka atap, rangka plafond juga memakai kayu yang dilapisi anti rayap.

Perbaikan Plafond

Selain perbaikan2 kayu, juga ada pekerjaan penambahan kolom, dinding, penangkal petir, dan pembongkaran keramik kamar mandi. Pekerjaan renovasi ini memakan waktu sekitar tiga bulan.

2 pemikiran pada “Arsitek Jogja : Renovasi Gedung Metro TV Jogja

    • untuk anti rayap, bisa bertahan lama, tergantung jenis kayu, lingkungan sekitar, dan maintenance nya.
      anti rayap selain menggunakan anti rayap biasa, bisa menggunakan treatment yang ditawarkan perusahaan yang menyediakan jasa anti rayap.
      ada beberapa macam cara yang digunakan…🙂
      untuk kayu bengkirai, memang kualitas bagus, tapi tidak menutup kemungkinan terkena rayap juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s