Arsitek Jogja : Mrs. Niken House (Yogyakarta) – Rumah Tinggal Mediterania


Lokasi : Candikarang Jalan Kaliurang Km 13 Yogyakarta
Pemilik : Ibu Niken

Rumah yang terletak di Jl.Kaliurang Km 13 ini dibangun diatas lahan seluas + 105m2. Berdampingan dengan beberapa rumah yang lain, rumah ini terletak dalam suatu kompleks rumah tinggal. Denah rumah bisa dilihat dalam gambar dibawah ini.

.

Ini adalah pekerjaan renovasi fasad rumah. Saya kesulitan mencari foto rumah sebelum renovasi, dengan terpaksa tidak saya tampilkan disini. Fasad rumah sebelumnya setipe/mirip dengan rumah-rumah di sebelahnya, dengan menggunakan gaya tahun 80’an. Ada teras kecil dengan tanpa kolom didepan untuk menyangga atap (menggunakan sistem cantilever, karena teras hanya selebar 50cm).

Dengan kondisi seperti itu saya mencoba membuat alternatif desain, menyesuaikan dengan trend saat ini (mediterania). Berikut gambar desain saya pada awalnya :

.

.

.

Setelah Ibu Niken setuju dengan desain saya yang diatas, kemudian masuk ke tahap pelaksanaan. Saya sendiri yang menangani pelaksanaannya. Membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk membenahi fasad, dan beberapa bagian lain dari rumah ini seperti genteng, warna kusen, cat bagian dalam, kamar mandi dan plafond. Disamping juga perbaikan-perbaikan kecil lainnya seperti handle dan slot pintu jendela.

.

.

Pada saat pengerjaan renovasi ini, curah hujan sedang tinggi, sehingga pekerjaan sedikit terulur waktu. Ditambah pekerjaan atap yang mengharuskan aman dari hujan. Karena kalau atap tidak aman dari hujan, seluruh bagian rumah akan terkena imbas dari air hujan yang bisa menyebabkan jamur, cat mengelupas, dsb.

Penambahan struktur pada rumah ini hanya sebatas menambah kolom, sloof, dan ringbalk untuk teras. Karena beban dari atap teras yang lumayan besar, penambahan struktur wajib dilakukan. Selebihnya, saya memainkan material, seperti penebalan dinding, tempelan batu candi, dan permainan relief kanopi/topi-topi pada teras dan atas jendela. Hasilnya, seperti foto dibawah ini…

.

26 comments

  1. slam sukses buat blog ini. saya punya ide desain rmh trbru yg tmpil beda dng yg lain tp saya butuh teman arsitek yang bisa mewujudkannya……klw bapak berkenan untuk kerja sama dng saya, saya siap membantu….nnnnnnnnnomor

    Suka

  2. Wah ini ada bahasan menarik kebetulan sy juga lagi bingung nih memilih bentuk fasad untuk di rumah saya, bisa dibantu sedikit gak ya pak untuk bentuk fasad yang sesuai dengan rumah saya, kalo sy kirimkan foto depan rumah saya lewat mana ya pak? sebelumnya terimakasih atas saran sarannya.

    Suka

  3. pak saya mau minta ijin untuk memakai desain bapak boleh gak?
    tapi lahan saya tidak sesuai dengan desain bapak,karena lahan saya hanya seluas 8 X 13 m
    bagian mana yang harus saya ubah pak?

    Suka

    • Mbak Carla…
      Mohon maaf sekali, karena proyek fisik ini saya yang mengerjakan (saya langsung membawahi tukang), maka gambar kerja tidak saya buat. Lagipula perubahan untuk bentuk atap tidak terlalu banyak. Saya cukup berpatokan pada gambar 3D saja. Jadi gambar kerja denah tampak dan rencana lainnya tidak ada… 🙂

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.