Arsitek Jogja : INTERIOR DESIGN LSM OFFICE


Suatu kebanggaan luar biasa apabila kita bisa bekerja sama dengan seseorang yang mempunyai reputasi tinggi. Akan tetapi kalaupun tidak bisa bekerjasama secara langsung, kita pasti cukup bangga untuk bisa berkarya dimana karya kita disandingkan dengan seseorang yang mempunyai reputasi tinggi tersebut.

Seorang Eko Prawoto, arsitek senior dengan segudang karya yang mendunia. Beliau adalah senior dalam bidang arsitektur. Karya-karya beliau telah menjamah seluruh dunia. Patut dibanggakan warga negara Indonesia bisa berkiprah di dunia Internasional, apalagi dalam bidang arsitektur. Dan sebagai seorang arsitek, tentu saya sangat bangga apabila karya saya bisa bersanding dengan karya pak Eko Prawoto.

Sebuah LSM yang berdomisili di daerah Sewon, Bantul, menggunakan gedung kantor hasil dari desain Pak Eko Prawoto. Sesuai dengan karya beliau yang lain, alam menjadi titik utama dalam desain. Penggunaan bahan seperti bambu, ekspose rangka atap, banyaknya bukaan-bukaan langsung yang menuju luar bangunan memberikan nuansa yang menyatu dengan alam.

Pak Eko Prawoto mengedepankan alam dalam setiap desainnya. Seperti pada ruang tamu, dimana penggunaan bata ekspose, dengan banyak bukaan pada dinding-dinding pembatas. Pemandangan yang didapat pada bangunan ini adalah hamparan sawah yang luas, yang mana kesegaran anginnya bisa langsung masuk dan dirasakan oleh penghuni.

Kemudian seperti dalam foto kedua, ekspose rangka atap dan genteng membuat sirkulasi udara nyaman, karena udara akan mengalir langsung dari luar ke seluruh ruangan tanpa terhalang plafond. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengurangi penggunaan penghawaan buatan dengan perangkat elektronik seperti AC yang akan tentu membutuhkan banyak energi.

Setelah beberapa lama dihuni dan difungsikan, kantor LSM tersebut memerlukan penataan interior yang fungsional dan tertata. Mungkin disebabkan karena dari awal pembangunan untuk interior kurang direncanakan.

Penataan ruangan kurang maksimal, sehingga terjadi penumpukan dokumen-dokumen penting. Selain itu zonasi antar pegawai menjadi kurang jelas. Kesan menjadi semrawut dan tidak rapi.

Pada awalnya, pemilik LSM menghubungi teman saya, Muhamad Setyabudi untuk mendesainkan interior kantor tersebut. Kemudian saya diajak untuk bergabung. Dari awal, kami berdua membagi tugas berdasarkan ruang-ruang yang ada. Terdapat 4 ruangan besar yang harus kami olah. Kemudian saya mengerjakan ruang direksi, ruang administrasi, ruang CBN, dan ruang Media. Ruang direksi gabung dengan ruang administrasi, sedang ruang CBN gabung dengan ruang media.

Konsep yang saya usung mengikuti konsep desain Pak Eko Prawoto dalam bangunan. Penggunaan material kayu, dipadu dengan material-material baru seperti vynil untuk kain sofa, gypsum untuk plafond lantai 1, dan kursi kerja made in fabrikasi. Hasilnya sebagai berikut (klik pada gambar untuk memperbesar) :

6 pemikiran pada “Arsitek Jogja : INTERIOR DESIGN LSM OFFICE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s