HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBANGUN RUMAH BARU


Membangun rumah adalah suatu hal yang mungkin bagi banyak orang adalah sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, sudah seharusnya dalam membangun rumah segala persiapan direncanakan dengan matang. Mungkin beberapa hal yang saya utarakan disini bisa berguna sebagai perimbangan.

.

1. Lokasi

Lokasi tanah (calon rumah) sangat penting untuk diperhatikan. Yang berhubungan dengan lokasi diantaranya adalah :

a. jarak dari tempat kerja

b. jarak dari pusat kota

c. jarak dari pusat transportasi (atau mudahnya transportasi umum yang sampai lokasi)

d. kondisi dan lebar jalan

e. tetangga kiri kanan

f. kondisi tanah dan kedalaman air sumur.

.

2. Kelengkapan surat-surat tanah

Ketika membeli tanah yang akan anda bangun untuk rumah, pastikan surat-surat tanahnya lengkap. Keberadaan notaris yang qualified sangat dianjurkan dalam anda bertransaksi dan pengurusan balik nama. Saat ini banyak kasus terjadi dimana terdapat sertifikat dobel, bahkan lebih dari dua sertifikat dalam satu petak tanah. Dan yang lebih parah lagi, semuanya asli. Hal ini betul-betul harus anda perhatikan, karena akan menjadi masalah yang sangat rumit di kemudian hari.

.

3. Kebutuhan ruang untuk aktivitas yang anda lakukan

Rumah adalah lingkungan buatan yang mewadahi aktivitas anda sehari-hari. Walaupun mungkin anda tidak lebih banyak meluangkan waktu dirumah, tetapi rumah adalah tempat dimana anda bisa melepaskan segala pikiran. Perlu anda prioritaskan dalam merancang peruangan rumah, apakah benar-benar hanya untuk bersantai, atau sebagian untuk bekerja, atau bahkan mungkin tempat usaha. Perlunya seorang arsitek adalah untuk membantu anda mewujudkan hal itu.

.

4. Gaya

Kepribadian dan gaya hidup anda secara tidak langsung akan tertuang dalam gaya rumah yang anda rancang. Apakah itu gaya klasik, mediterania, tropis, minimalis, bahkan mungkin dekonstruksi. Baik bagi anda untuk lebih banyak melihat-lihat majalah-majalah arsitektur sebagai bahan inspirasi untuk gaya yang anda inginkan. Jika sudah menemukan gaya yang pas, berkonsultasilah dengan arsitek, karena dengan bantuan arsitek, anda akan lebih mudah dalam mewujudkan gaya apa yang anda inginkan. Atau kalau memang anda masih bingung gaya apa yang cocok dengan anda, arsitek sangat berkompeten untuk membantu anda.

.

5. Konsultasi dengan arsitek.

Arsitek akan membantu untuk mendapatkan gaya rumah yang pas dengan kepribadian anda. Seorang arsitek akan bisa menangkap kebutuhan ruang anda berdasar pola hidup, kebiasaan dan kepribadian anda, kemudian akan menuangkan dalam gambar rumah, yang berupa pola ruang, denah, elevasi, sirkulasi (baik sirkulasi manusia ataupun cahaya dan udara), bentuk gaya, dan material yang digunakan. Arsitek akan memberikan beberapa gambaran awal kepada anda, dengan penjelasan (presentasi) konsep dan pengaplikasiannya dalam gambar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s