FURNITUR DAN KAYU LAPIS


Pernahkan anda perhatikan, beberapa perabot/furniture di dalam rumah anda menggunakan bahan kayu lapis? Perabot seperti meja, almari, nakas, bed, backdrop, tv cabinet, dan lain-lain. Apakah anda tahu bahan apa sajakah itu?

Penggunaan kayu lapis telah lama untuk pembuatan furniture-furniture rumah tinggal. Bahkan sekarang ini diigunakan pada semua bangunan-bangunan, baik hunian, komersial, maupun perkantoran. Penggunaan bahan-bahan kayu lapis memang lebih murah dibandingkan dengan kayu solid, dimana semakin hari stok kayu solid semakin sedikit yang mengakibatkan harga yang melambung tinggi.

Kayu lapis, seperti namanya, terbuat dari beberapa lapisan lembaran kayu yang direkatkan. Disini akan saya jelaskan beberapa jenis kayu lapis, sejumlah yang saya ketahui dan saya gunakan dalam beberapa proyek interior saya, diantaranya :

1. Blockboard

Umumnya terdiri dari tiga lapisan kayu. Mempunyai ukuran tebal yang bermacam-macam; 0,9 – 1,8 cm. Dengan panjang-lebar; 122 x 244 cm. Terdiri dari satu lapis lembaran kayu yang dilapis 2 lembar kayu yang lebih tipis. Umumnya lapisan luar blockboard mempunyai tebal antara 0,5-2mm. Lapisan blockboard mempunyai serat yang bermacam-macam, mulai dari serat kayu biasa (umum dikenal dengan tripleks), serat jati (bermacam bentuk serat juga), berlapis melaminto (lapisan putih licin yang biasa digunakan untuk papan tulis yang memakai alat spidol), dan serat-serat lain dengan berbagai corak/motif. Bagian tengah blockboard yang mempunyai dimensi paling besar biasanya menggunakan kayu akasia dan meranti. Karena bentuknya yang solid, bahan blockboard tidak bisa dilengkungkan.

2. Multipleks

Terdiri dari tiga atau lebih lapisan dengan tebal yang sama. Multipleks pada umumnya mempunyai berat yang lebih daripada blockboard. Karena jenis kayu yang digunakan pun berbeda. Pada blockboard, kayu tengah adalah akasia/meranti yang cenderung ringan. Sedangkan pada multipleks, lapisannya lebih banyak, sehingga massa jenisnya juga lebih besar. Ukuran multipleks juga sama dengan blockboard. Karena bahan yang digunakan, harga multipleks biasanya lebih tinggi daripada blockboard. Dan sama juga dengan blockboard, multipleks tidak bisa dilengkungkan.

.

3. Partikel

Saat ini penggunaan bahan partikel sangat banyak. Biasanya digunakan untuk furnitur-furniture siap rangkai yang tersebar pada toko-toko meubel. Partikel merupakan serbuk-serbuk kayu kasar yang di rekatkan dengan menggunakan lem, kemudia di press sehingga berbentuk lembaran. Furniture berbahan partikel biasanya menggunakan lapisan tempel; seperti HPL, Decosit, Takonsit, dsb. Beda dengan blockboard dan multipleks, bahan partikel tidak bisa menggunakan finishing semprot (melamin dan duco). Secara kualitas/kekuatan pun jauh dibawah blockboard dan multipleks. Kepadatan partikel berkisar 160-450 kg/m3.

4. MDF

Adalah singkatan dari Medium Density Fiberboard. Hampir sama dengan partikel, MDF juga adalah leburan dari kayu yang direkatkan menggunakan lilin dan resin. MDF lebih padat dan kuat daripada partikel. MDF mempunyai kepadatan 600-800 kg/m3. Kelebihan lainnya adalah, MDF dapat dilengkungkan, karena serbuk kayunya lebih lembut daripada partikel. Finishing yang bisa digunakan sama dengan partikel yaitu finishing tempel seperti HPL, Decosit, Takonsit, dsb. Kayu yang digunakan sebagai bahan MDF biasanya kayu pinus.

5. Teakwood

Sesuai namanya, teakwood berarti kayu jati. Namun dalam pembahasan ini kayu jati yang dimaksud adalah berupa lembaran. Berdimensi panjang-lebar seperti blockboard dan multipleks, teakwood biasanya untuk melapisi kedua bahan tersebut. Fungsi dari teakwood adalah memberikan corak pada blockboard atau multipleks. Corak teakwood bermacam-macam. Biasanya teakwood dilapiskan pada blockboard yang akan menggunakan finishing melamin, sehingga serat kayu jatinya kelihatan.

.

6. Melaminto

Jika anda pernah melihat papan tulis berwarna putih, dengan alat tulis spidol, maka itulah melaminto. Melaminto, dengan permukaan yang halus dan licin biasanya juga digunakan untuk lapisan blockboard atau multipleks yang akan difinishing duco. Permukaan melaminto yang sudah halus memudahkan dalam proses finishing. Jika tidak menggunakan melaminto (misal tanpa lapisan atau menggunakan teakwood) maka proses menjadi lama, karena harus mendempul dan mengamplas beberapa kali yang memakan waktu. Dengan menggunakan melaminto, tahap pendempulan dan pengamplasan bisa sangat tereduksi waktunya.

87 responses to “FURNITUR DAN KAYU LAPIS

  1. Pak Bondan, saya punya furniture dgn lapis HPL. Krn saya ingin ganti warna, apakah bisa langsung dilapis cat? Pakai cat apa ya? Apakah perlu ada treatment extra apabila HPLnya mau saya cat?

  2. Salam kenal pak bondan,…. mohon bantuannya pak, saya mau tanya apakah teakblockboard bisa difungsikan sebagai lantai kayu. kira-kira lebih mahal mana menggunakan keramik motif kayu dibandingkan dengan menggunakan Teakblockboard? Terima Kasih. Habibi Al-azaami

  3. Pak Bondan,

    Saya mau buat tall cabinet untuk taro oven dan microwave yg built-in…

    nah, kalo pake kayu solid tahan rayap ga yah?

    Saya sih pengen pake kayu kamper/merbau biar awet..

    Tapi tukang saya bilang pake multipleks atau teablock sudah cukup

    saya butuh masukkannya nih pak,

    thanks

  4. Pak Bondan, saya punya lemari gantung P 80, L 55, T 120kayu partikel tetapi terlalu lebar/tebal dan makan tempat di ruangan,bisakah lemari tersebut di potong bbrp cm agar ketebalan/kelebaran berkurang?dan apakah susah utk memasang nya lg?

    • bahan partikel adalah bahan yang mudah lepas antar bahannya karena terdiri dari pecahan-pecahan serpih kayu yang direkatkan, sehingga susah untuk di renov apalagi kalau bahan tersebut sudah lama.

  5. Pak bondan, saya mau nanya kalau untuk merk furnitur partikel di indonesia apaan ya pak?
    Sekalian kalo bisa info pabriknya….

  6. Dek bondan,bagaimana memotong multiplek dengan circular saw tanpa mengakibatkan kerusakan permukaannya ketika pemotongan serat melintang

  7. Pak Bondan , mohon bantuannya
    Jenis lem merk apa yg bagus untuk menempel multiplek ke multiplex ??

    Terima kasih, saya tunggu informasinya Pak.

    Salam hangat,

    Yolanda

  8. Pak Bondan, saya buat tangga dari kayu merbau dgn tebal 2 cm dibungkus sampingnya dgn kayu yg sama,dasar dari tangga coran beton, untuk me Lem nya sebaiknya apa ya pak.. karana saya tdk mau di paku kiri n kanannya … terimakasih…. Gadis

  9. saya mau nanya soal kayu,,
    kayu yg tipis kira2 tebalnya 1mm, lentur buat kerajinan tangan gitu biasanya make kayu apa ya?? kalau make triplek terlalu tebal menurut saya,, saya kurang begitu mengerti soal jenis2 lembaran kayu

  10. Mau tanya Pak Bondan…
    Ruangan kamar saya lembab, maklum di kota Batu – Malang.
    Saya ingin bikin lemari dg bahan selain kayu solid, kira2 dari bahan diatas yg lumayan kuat dan tidak mudah rusak yg mana ya..?
    Trims….

  11. Salam Pak Bondan,

    Saya mau buat tempat tidur. Saya mau tanya, untuk rangka pinggir tempat tidur dan rangka bawah (yg menahan beban), dari jenis2 kayu olahan diatas, menurut Pak Bondan jenis kayu yang cocok yang mana ya Pak..? trus, untuk mendapatkan wax wood dmana ya Pak..? apa bisa wax wood dijadikan rangka tempat tidur untuk menahan beban yang intens..??
    saya tunggu jawabannya ke email saya ya Pak
    Terimakasih

  12. Pak, veneer vs melamik bedanya apa ya?
    Kalau dari segi bahan lebih baik pemakaian melamik/ hpl?
    Untuk harga lebi mahal melamik atau finishing hpl pak?

    • Mungkin yang dimaksud lapisan semacam HPL ya mbak vica?
      Atau mungkin veneer melamik?
      Kalau HPL dipasang dengan cara ditempel/direkatkan dengan lem, sedangkan melamin adalah proses pelapisan dengan cat semprot.
      Kalau dari segi harga tergantung dari jenis lapisan yang digunakan, karena lapisan semacam HPL bermacam-macam merk dan harganya.
      Untuk segi pemasangan, lebih cepat menggunakan lapisan tempel karena tidak memakan waktu yang banyak untuk pengeringan cat.
      Terimakasih… :-)

  13. pak mau tanya, gimana cara menyimpan multiplek dengan baik biar gak melengkung?
    terus gimana caranya kalo misalkan pake finishing HPL biar pas saling aduan pinggirannya bisa mulus (gak terlalu keliatan celahnya)

    terima kasih

  14. Pak, mau tanya….
    1. Supaya lemari partikel tidak berjamur bisakah bagian yang tidak ada pelapisnya dicat? atau bagian yang berpelapisnya yang dipernis?
    2. Untuk lemari buku, bahan apa yang paling baik? (selain kayu asli). Akan digunakan untuk banyak buku-buku berat, dengan kondisi ruangan agak lembab (saya trauma dengan lemari partikel yang melengkung dan berjamur). Terima kasih.

  15. numpang nanya pak Bondan, untuk merekatkan kayu lapis dengan bahan pelapis, berapakah lem yang dibutuhkan per m2 nya?
    terima kasih

  16. siang pak…
    Pak saya mohon bantuannya nch…bs kash contoh ato gmbr menata rmh kntrkan yg 3 petak g pak..krn sy tggl dkntrkn 3 petak tp saya pgn mentany lbh rapi biar g semrawut gt pak..sy jg pny ank 1 umr 21bln..mohon bantuanny ya pak…maksih sblmny
    tlg bls aj ke email saya
    marlina_inna.8430@ymail.com

  17. Salam Pak,
    Punya tips cara mengatasi multipleks yang melengkung agar kembali normal? Dan bagaimana supaya hal ini tidak terjadi lagi? Sudah beberapa kali, belakangan ini saya mengalaminya padahal kondisi penyimpanan baik, rata dan kering. Apa ada hubungannya dengan finishing HPL?

  18. selamat malam pak bondan…, saya ingin membuat meja ping-pong (tenis meja) dengan menggunakan multiplek 18mm, namun antara ukuran multiplek dengan ukuran meja ada kekurangan ukuran 15cm, bagaimana kira2 untuk cara menyambungnya…, apakah cukup dengan lem, dan untuk finishing penyambungan apakah dapat menggunakan dempul? tolong jawaban dikirim ke email saya wahyunurbiyantoro@yahoo.co.id
    terima kasih banyak

    • Untuk dinding hunian? Maksudnya mungkin sekat ruang dalam?
      Untuk sekat ruang dalam bisa menggunakan bermacam-macam bahan; gypsum, papan GRC/Kalsiboard, tripleks, atau kayu lapis seperti diatas. Untuk kualitas, seperti yang sudah saya utarakan dalam artikel diatas.
      Terimakasih…

  19. pak. saya mau tanya.. untuk penempelan rak{umumnya berat}pada dinding/tembok . bisa gak jika tidak menggunakan paku? mungkin menggunakan lem/ada alternatif lain? yg sekiranya kuat dan tanpa harus melubangi/merusak dinding tsb.. thx. mohon dijawab… :)

  20. Pak Bondan yth,
    Saya berencana membuat lantai dua (semacam mezzanine) menggunakan multipleks 20mm, apakah kuat?
    Bagaimana dengan keawetannya?

    Terimakasih sebelumnya,
    Aji

    • Pak Aji,
      Untuk mezzanin, lebih baik menggunakan papan kayu solid, bukan multipleks. Karena bagaimanapun kayu solid lebih kuat karena memang seratnya masih asli, bukan sambungan lem, juga karena nantinya penggunaan akan lama dan terus menerus menahan beban yang cukup berat.

  21. Pak saya mau tny apakah lemari dari bahan PB bisa di warnai ulang?tolong kirimkan jawaban ny ke email saya y..trims

  22. mas kalau jenis kayu yang suka dipakai toko toko distro, yang seratnya keliatan itu apa ya namanya dan belinya dimana?

  23. beberapa hari yg lalu saya baca artikel tentang penggunaan partikel board dan MDF board, di artikel itu dikatakan dapat digunakan finishing semprot (ducco) yg bener yg mana?

    • MDF board masih bisa menggunakan cat, sedangkan partikel board tidak bisa karena permukaannya yang kasar. Coba anda perhatikan lemari yang terbuat dari partikel board, yang biasa dijual di toko2 mebel, dengan sistem knock down… :-)

  24. Ping-balik: Jenis Kayu Lapis « Wong168's Blog·

  25. pak.saya punya mebel kecil..untuk sekarang saya lagi membutuhkan blocboard lapis serat kayu jati….apakah bisa saya dapatkan barang tersebut?

    • untuk lapisan blockboard, bisa dibeli di toko bangunan, toko kayu, atau bisa juga di toko aksesoris rumah tangga bu… :-)

  26. salam p. bondan..
    klo yg dinamakan plywood termasuk yg mana pak…?
    trus untuk ukuran tebal multyplek, teakwood dan melaminto apa mempunyai varian ukuran yg sama..?
    trims..

    • untuk ukuran tebal multipleks dkk, memang bermacam2, saya sendiri tidak hafal semuanya, bisa ditanyakan langsung ke toko…

  27. Pa Bondan, saya mau tanya dong, kalau mau menempel multiplek 15 mm dengan multiplek 15 mm lagi paling kuat pakai apa yah ? di paku dan di lem ? ada saran lem yang bagus dan kuat pak ? saya sebenarnya perlu multiplek tebal 30 mm, cuman paling tebal kan 18 mm…
    Terima kasih !

  28. Pak Bondan sy baru merints usaha furniture, kaligrafi, dan bingkai di Makassar. Untuk dpt suplay jenis kayu yang disebut di atas bagusnya dimana ya???

  29. Pak Bondan , mohon bantuannya
    1. Jenis lem dan merk apa yg bagus untuk menempelkan bahan pelapis ke multiplek??
    2. Apakah teakwood sama dengan veneer???

  30. Pak Bondan, saya berencana meningkatkan rumah saya. Saya ingin di lantai 2, sekat bagian dalam rumah dari bahan kayu, supaya tidak terlalu berat. Bisa bantu disain? Kalau untuk kota Bandar Lampung, berapa harga per-m2 rumah lantai 2?

    • Mengenai rumah kayu, Insya Allah saya akan berusaha membantu untuk desain sebisa saya. Hanya saya belum tau mengenai detail rumah kayu seperti apa yang Ibu Sari maksudkan.
      Kemudian mengenai harga rumah per meter di Bandar Lampung, mohon maaf saya kurang tau, karena tiap wilayah pasti berbeda-beda.
      Demikian, semoga bisa membantu. Terimakasih.

      Salam,
      Bondan P.

  31. Pak Bondan, utk kitchen set lebih bagus menggunakan block board atau multipleks?
    ditunggu jawabannya, mohon jawaban diemail saja..
    terimakasih..

      • pak, bisa minta tolong diemail ke saya juga, lebih bagus blockboard atau multipleks untuk kitchenset? terima kasih pak,,

      • Mohon maaf mohon bisa dikirimkan via email juga mana yg lebih bagus antara blockboard dengan multipleks untuk kitchen set. Saya saat ini sedang browsing informasi ttg kitchen set utk dpr kcil sy.. Terima kasi byk..

      • Menurut saya lebih kuat ketika memakai bahan multipleks, asalkan perbandingan ketebalannya sama. Jadi secara jelas, Multipleks 1,5cm lebih kuat daripada Blockboard 1,5cm.

        Demikian, semoga bisa membantu.

  32. saya ingin membuat meja kecil untuk belajar bebentuk kotak box yang bolong di kedua sisi panjangnya, kemudian pada bagian atas saya lapisi kaca..yang ingin saya tanyakan:
    1. jika keseluruhan meja tersebut saya memakai kayu lapis seperti yang disebut diatas, kayu manakah yang paing cocok dan kuat??
    2. kemudian apakah masih memerlukan kerangka dari kayu keras seperti meranti atau lainnya?
    3. dalam pengerjaan dengan kayu lapis tersebut cukup menggunakan paku atau menggunakan lem kayu juga?

    terimakasih..

    • Mbak Donna yang rajin belajar, :-D

      Mengenai meja belajar yang dimaksud, mungkin lebih jelas apabila saya bisa melihat gambarnya. Namun demikian saya sudah bisa sedikit menangkap yang dimaksud.
      1. Untuk kayu lapis yang bagus, lebih baik menggunakan multipleks. Lebih tebal = lebih kuat.
      2. Mengenai rangka, itu tergantung dari dimensi mejanya. Juga ketebalan yang diinginkan. Biasanya untuk bentang yang tidak terlalu panjang, cukup multipleks dolapis dobel saja.
      3. Penggunaan perekat dan paku digunakan semua. Paku/baut digunakan untuk assembling, kemudian lem digunakan untuk menempelkan bahan pelapis, seperti HPL, Decosit, takonsit, dsb…

      Demikian, semoga bisa membantu, terimakasih… :-)

  33. Pak Bondan , mohon bantuannya
    saya ingin buat kitchen set dan yg ditawarkan ada 2 pilihan yaitu : memakai block board dgn finishing HPL dan yg satunya lagi pakai teak wood dgn finishing di melamik
    yg ingin sy tanyakan adalah
    bahan dasar BLOCK BOARD apakah dlm pemakaian lama bisa melengkung ??? seperti bahan dasar partical board ???
    menurut Pak Bondan bahan dasar yg di pakai untuk Kitchen set lebih baik memakai BLOCK BOARD atau TEAK WOOD ???
    terima kasih atas bantuan dan jawabannya , saya tunggu di email saya

    • Mengenai pertanyaan dari Ibu Putri :

      1. Apakah bahan blockboard kelamaan bisa melengkung?
      : Blockboard terdiri dari lapisan kayu lembaran dengan tebal 9-20 mm yang dilapis dengan lembaran tripleks. Berbeda dengan partikel yang berupa serbuk kayu yang di press, blockboard mempunyai kekuatan yang lebih baik daripada patikel. Sejauh ini, kitchen set pasaran menggunakan blockboard dan tidak melengkung.

      2. Bahan dasar menggunakan blockboard atau teakwood?
      : Sebenarnya, teakwood yang di pasaran, adalah semacam lapisan untuk blockboard/multipleks. Jadi ada blockboard lapis teakwood, begitu juga multipleks lapis teakwood. Teakwood yang saya maksud adalah lembaran tipis sekitar 5mm layaknya tripleks. Hanya saja, pelapisan teakwood pada blockboard/multipleks berguna ketika finishing menggunakan melamin, karena serat teak (jati) nya kelihatan. Sedangkan untuk finishing tempel (HPL, Decosit, dsb) ataupun duco, tidak memerlukan lapisan teakwood karena serat kayu memang sengaja ditutup.

      Demikian, semoga bisa membantu… :-)

  34. Permisi mas, saya mau tanya tentang jnis “kayu lilin” mungkin anda tau nama lainnya?
    Saya pernah melihat film dokumenter dari National Geographic yang berjudul kungfu killer. Disitu diperlihatkan berbagai jenis senjata yang digunakan oleh kungfu, salah satu ya toya dan tombak. Disitu juga diperlihatkan bagaimana bentuk tombak dan toya yang terbuat dari kayu lilin. Salah satu komentnya adalah keistimewaan senjata ini adalah lentur. Cuma kok sama sekali nggak disinggung soal jenis toya atau tombak yang berat sekali. Saya asumsikan kalau memang toya dan tombak berat itu memang umum dipakai di kungfu, pasti akan disinggung disitu.
    Trima ksih atas prhatiannya.
    Tolong untuk dibalas ke email saya.
    Gadis

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s